Jelang Libur Akhir Tahun, Okupansi Rumah Sakit Covid-19 Capai 80%

Image title
18 Desember 2020, 21:08
rumah sakit, satgas covid-19, virus corona, covid-19, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M
ANTARA FOTO/REUTERS/Lucy Nicholson/AWW/dj
Foto Lucy Nicholson. Ilustras, petugas medis merawat pasien yang terinfeksi virus corona. Satgas Penanganan Covid-19 menyebut keterisian rumah sakit jelang libbur akhir tahun mencapai 80%.

Peningkatan kasus Covid-19 terus terjadi sejak libur panjang akhir Oktober 2020. Kapasitas rumah sakit pun nyaris terisi penuh.

Ketua Sub Bidang Tracing Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19 Kusmedi Priharto mengatakan bahwa tingkat keterisian atau okupansi rumah sakit rujukan pasien corona sudah mencapai 80% di berbagai daerah.  Bahkan angka tersebut terjadi sebelum libur akhir tahun.

Hal itu mengkhawatirkan karena Satgas mencatat setiap libur panjang selalu terjadi kenaikkan kasus Covid-19.“Tempat tidur pasien, baik itu ICU maupun tempat tidur umum, sudah lebih dari 80%, sudah padat sekali,” ujar Kusmedi dalam Katadata Forum Virtual Series bertajuk Mencegah Klaster Libur Akhir Tahun, Jumat (18/12).

Dia mengatakan kondisi tersebut terjadi hampir semua daerah di Indonesia. Terutama di Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat, Bali, dan Nusa Tenggara Barat (NTB). “Rumah Sakit Hassan Sadikin (Bandung) itu bahkan sempat tidak bisa menerima pasien,” kata dia.

Lebih lanjut, Kusmedi menyebut keterisian rumah sakit yang tinggi menyebabkan layanan kesehatan tidak maksimal. Terutama untuk pasien yang membutuhkan ruang ICU. 

Hal itu terjadi karena terbatasnya tenaga kesehatan. Sedangkan jumlah pasien yang harus dirawat cukup banyak. “Pemerintah menyediakan tempat-tempat yang diubah menjadi ICU dan sebagainya memungkinkan, tetapi SDM yang melayani untuk hal-hal tersebut yang menjadi masalah,” ujarnya.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...