NU & Muhammadiyah Dukung Program Vaksinasi Covid-19

Image title
7 Januari 2021, 19:01
vaksin virus corona, Nadhatul Ulama, NU, Muhammadiyah, covid-19, virus corona, pandemi corona, jakarta, gerakan 3M
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/rwa.
Dua warga melintasi papan informasi terkait vaksinasi COVID-19 di Jakarta, Kamis (31/12/2020). Dua organisasi Islam terbesar di Indonesia mendukung program vaksinasi Covid-19.

Pemerintah berencana memulai program vaksinasi Covid-19 pada pekan depan. Dua organisasi Islam terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah, mendukung upaya vaksinasi tersebut. 

Meski begitu, Majelis Pembina Kesehatan Umum Muhammadiyah Agus Samsudin mengingatkan agar vaksin yang diberikan ke masyarakat harus terjamin keamanan dan efektivitasnya. Untuk menjamin hal tersebut, produsen vaksin harus mengikuti seluruh prosedur yang ditetapkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Selain itu, dia mengatakan vaksin yang akan digunakan harus halal. "Kami minta MUI memastikan kehalalan dari vaksin itu. Kalau dua hal itu terpenuhi, kami dari Muhammadiyah siap mendukung,” ujar Agus kepada Katadata.co.id pada Kamis (7/1).

Di sisi lain, Ketua PBNU Marsudi Syuhud mengatakan masyarakat harus mematuhi arahan otoritas terkait penanganan pandemi, termasuk program vaksinasi Covid-19. Apalagi menurut dia, vaksin merupakan sesuatu yang baik untuk masyarakat.

Terdapat dua faktor utama yang menjadi alasan masyarakat untuk tak khwatir terhadap vaksinasi Covid-19. Pertama, vaksin bertujuan untuk menjaga keselamatan diri.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...