MUI Pastikan Kesucian dan Kehalalan Bahan Vaksin Covid-19 Sinovac

Image title
8 Januari 2021, 18:04
vaksin virus corona, MUI, covid-19, virus corona, pandemi corona, jakarta, gerakan 3M
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/aww.
Kemasan vaksin COVID-19 diperlihatkan di Command Center serta Sistem Manajemen Distribusi Vaksin (SMDV), Bio Farma, Bandung, Jawa Barat, Kamis (7/1/2021). MUI menyatakan materi vaksin virus corona Sinovac suci dan halal.

Sidang Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan vaksin virus corona produksi Sinovac memiliki materi yang suci dan halal. Namun, lembaga tersebut belum menetapkan fatwa utuh untuk vaksin Covid-19 tersebut. 

Pasalnya, Komisi Fatwa MUI masih menunggu keputusan Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM terkait keamanan vaksin. Jika vaksin yang digunakan sudah dipastikan keamanannya, maka dua unsur penting dalam penetapan fatwa sudah terpenuhi, yaitu halal dan toyib (aman). 

"Fatwa utuhnya akan disampaikan setelah BPOM menyampaikan mengenai aspek keamanan penggunaan vaksin," kata Ketua MUI bidang Fatwa dan Urusan Halal, Asrorun Niam Sholeh, dalam jumpa pers daring Sidang Komisi Fatwa MUI, yang dilansir dari Antara pada Jumat (8/1).

Menurut Niam, BPOM sedang menggodok izin penggunaan darurat vaksin Sinovac. Jika izin dari BPOM sudah terbit, vaksin buatan perusahaan Tiongkok bisa mendapatkan fatwa halal dan dapat digunakan oleh masyarakat.

Sebelumnya, Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah menyatakan dukungannya terhadap program vaksinasi Covid-19. Meski begitu, Majelis Pembina Kesehatan Umum Muhammadiyah Agus Samsudin mengingatkan agar vaksin yang diberikan ke masyarakat harus terjamin keamanan dan efektivitasnya.

Selain itu, dia mengatakan vaksin yang akan digunakan harus halal. "Kami minta MUI memastikan kehalalan dari vaksin itu. Kalau dua hal itu terpenuhi, kami dari Muhammadiyah siap mendukung,” ujar Agus kepada Katadata.co.id pada Kamis (7/1).

Di sisi lain, Ketua PBNU Marsudi Syuhud mengatakan masyarakat harus mematuhi arahan otoritas terkait penanganan pandemi, termasuk program vaksinasi Covid-19. Apalagi menurut dia, vaksin merupakan sesuatu yang baik untuk masyarakat.

Halaman:
Reporter: Antara

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...