CDC: Pengunaan Masker Ganda Cegah Covid-19 hingga 96,5%

Penggunaan masker bedah yang dilapis masker kain dan digunakan dengan benar dan pas di wajah terbukti memberikan perlindungan terhadap Covid-19.
Image title
11 Februari 2021, 12:49
masker, covid-19, virus corona, amerika serikat, pandemi corona, pandemi, internasional
ANTARA FOTO/Fauzan/aww.
Seorang bocah melintas di depan mural tentang penggunaan masker di Kota Tangerang, Banten, Minggu (21/12/2020). CDC merekomendasikan penggunaan masker ganda untuk mencegah penularan virus corona.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit atau CDC  Amerika Serikat (AS) menyatakan penggunaan masker ganda memberikan perlindungan yang sangat signifikan terhadap paparan virus corona. Hal itu berlaku juga jika seseorang menggunakan masker medis dengan ketat.

Penelitian terbaru dari CDC menunjukkan bahwa penularan virus dapat dikurangi hingga 96,5% jika individu yang terinfeksi dan individu yang tidak terinfeksi mengenakan masker bedah yang dipasang dengan ketat atau masker ganda kain dan medis.

Direktur CDC, Rochelle P. Walensky, mengumumkan hal itu pada Rabu (10/2). Dia pun mengimbau agar masyarakat menggunakan masker minimal dua lapisan. “Masker berfungsi jika ukurannya pas dan dikenakan dengan benar,” ujar Walensky dilansir dari nytimes.com pada Kamis (11/2).

Masker apapun memang mampu mengurangi tetesan aerosol yang dihembuskan dari penafasan seseorang. Namun, efektivitasnya sangat bervariasi karena ada udara yang bocor di sekitar tepi masker.

 

Untuk mengatasinya, dianjurkan mengggunakan masker kain di atas makser bedah. Alternatif lainnya menggunakan masker bedah dengan mengikat kedua simpul tali dan menyelipkannya di telinga agar masker lebih erat menempel ke wajah.

Pilihan efektif lainnya yaitu menggunakan fitter masker atau kain nilon tipis di atas masker bedah. Berikut rekomendasi penggunaan masker oleh CDC: 

Pilih masker dengan Kawat Hidung

Kawat hidung merupakan strip logam di sepanjang bagian atas masker untuk mencegah udara bocor dari bagian atas topeng. Untuk menggunakannya, tekuk kawat di atas hidung agar pas dengan wajah Anda.

Gunakan Penjepit Masker

Gunakan penjepit masker untuk masker sekali pakai atau masker kain agar tidak ada udara bocor di sekitar tepi masker.

Masker Harus Menutupi Hidung, Mulut, dan Dagu

Jika masker memiliki ukuran yang pas, Anda akan merasakan udara hangat masuk melalui bagian depan masker dan mungkin dapat melihat bahan masker masuk dan keluar dengan setiap tarikan napas.

Tambahkan Lapisan Material 

Aada dua cara untuk menambahkan lapisan masker. Pertama, gunakan masker kain di atas masker medis. Kedua, gunakan masker kain yang terdiri dari beberapa lapisan. Pastikan Anda bisa melihat dan bernapas dengan mudah

Ikat dan Selipkan
Ikat ujung tali hingga berbentuk simpul lalu selipkan di telinga. Lipat dan selipkan bahan yang tidak dibutuhkan di bawah tepinya

Jangan Gabungkan Dua Masker Sekali Pakai

Masker sekali pakai tidak dirancang untuk digunakan lebih dari satu

Jangan Gabungkan Penggunaan KN95 dengan Masker Lain

Gunakan hanya satu masker KN95 dalam satu waktu.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait