Pemerintah Mulai Vaksinasi Covid-19 Secara Drive Thru di Bali

Menparekraf Sandiaga Uno berharap vaksinasi Covid-19 bisa mendorong pemulihan pariwisata di Bali.
Image title
28 Februari 2021, 13:06
vaksin virus corona, covid-19, virus corona, sandiaga uno, pariwisata, bali, pandemi corona, pandemi, gerakan 3M
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/rwa.
Vaksinator menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada pekerja sektor pariwisata di Nusa Dua, Badung, Bali, Sabtu (27/2/2021). Vaksinasi COVID-19 kepada pekerja sektor pariwisata yang dimulai di Provinsi Bali untuk pulihkan pariwisata.

Pantau Data dan Informasi terbaru Covid-19 di Indonesia pada microsite Katadata ini.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menyelenggarakan vaksinasi Covid-19 pada pekerja wisata di Bali. Bekerja sama dengan perusahaan teknologi Grab dan Good Doctor, pemerintah melaksanakan vaksinasi kali ini secara drive thru.

Pemerintah pun berharap vaksinasi tersebut dapat mempercepat pemulihan pariwisata dan ekonomi di Pulau Dewata maupun nasional. "Kami ingin pekerja wisata yang hadir mendapatkan vaksin bisa memulai satu langkah yang kolosal dalam pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif," kata Menteri Parekraf RI Sandiaga Uno dalam jumpa pers daring, Minggu (28/2).

Adapun mereka yang mendapatkan vaksinasi COVID-19 meliputi sekitar 3.000 pekerja pariwisata dan pengemudi angkutan umum daring dan luring. Salah satu yang mendapat dosis pertama yaitu para pengemudi ojek daring Grab di Bali.

Lebih lanjut, Sandiaga mengatakan agar masyarakat tak khawatir untuk mengikuti vaksinasi. Meski begitu, masyarakat tetap harus menjalankan gerakan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Di sisi lain, pemerintah akan terus menggencarkan testing, tracing dan treatment (3T), dan juga Cleanliness , Health, Safety, and Environmental Sustainability (CHSE) di tempat wisata.

Gubernur Bali I Wayan Koster juga berharap pelaksanaan vaksinasi bagi pekerja di sektor pariwisata mampu mendukung perumusan zona hijau pariwisata. Sehinga pelancong domestik dan mancanegara dapat berkunjung ke Bali dengan aman.

Dengan begitu, pemulihan pariwisata dan ekonomi bisa berjalan lebih cepat. "Sudah satu tahun pandemi, maka upaya untuk vaksinasi harus kita dukung secara bersama," kata Koster.

Adapun pelaksanaan vaksinasi Covid-19 secara drive thru merupakan yang pertama kali di Indonesia dan Asia Tenggara. Pelaksanaan vaksinasi itu didukung secara langsung oleh Grab.

"Hari ini kami bangga bisa bersama-sama mendukung melahirkan inovasi baru yaitu pertama kali vaksinasi drive thru di Indonesia bahkan di Asia Tenggara," kata President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata.

Reporter: Antara

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Video Pilihan

Artikel Terkait