Semua Jenis Vaksin Masih Efektif Lawan Varian Baru Virus Covid-19

Image title
5 Maret 2021, 18:58
vaksin virus corona, mutasi virus corona, varian baru virus corona, pandemi corona, pandemi, covid-19, virus corona, jakarta, kementerian kesehatan, gerakan 3M
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Petugas medis memperlihatkan vaksin covid-19 di Pasar Tanah Abang Blok A, Jakarta, Rabu (17/2/2021). Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi menyebut vaksin Covid-19 yang ada saat ini efekti melawan varian baru virus corona.

Masuknya mutasi virus corona dari Inggris ke Tanah Air menimbulkan kekhawatiran terhadap efektivitas vaksin Covid-19. Apalagi pemerintah telah  melaksanakan vaksinasi kepada 2,28 juta penduduk Indonesia. 

Meski begitu Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmizi, menyebut bahwa WHO telah menyatakan semua jenis vaksin yang ada ssat ini masih efektif melawan virus corona. Itu karena vaksin dibuat untuk membentuk antibodi yang mampu merespon semua jenis protein yang ada dalam virus. 

"Kami menunggu perkembangan dari para peneliti dan rekomendasi WHO. Namun sampai saat ini, vaksin masih efektif melawan virus corona," kata Nadia dalam Katadata Forum Virtual Series "Percepatan Vaksinasi Menuju Herd Immunity" pada Jumat (5/3).

Lebih lanjut Nadia mengatakan kapasitas vaksinasi Covid-19 perlu segera ditingkatkan. Sehingga potensi laju penularan virus corona dapat dicegah. Jika penyebaran varian baru virus corona tidak dicegah, rumah sakit akan kembali penuh oleh pasien Covid-19.

Di sisi lain, Nadia mengungkapkan bahwa virus akan terus bermutasi untuk bertahan hidup. Salah satu mutasi virus corona yang ada saat ini yaitu B117 yang ditemukan di Inggris pada akhir September 2020.

Halaman:
Reporter: Yosepha Pusparisa

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...