BPOM Beri Izin Penggunaan Darurat Vaksin AstraZeneca, Efikasi 62,1%

Image title
9 Maret 2021, 12:03
vaksin virus corona, bpom, astrazeneca, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M
AstraZeneca
Ilustrasi, vaksin virus corona buatan AstraZeneca. Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM memberikan izin penggunaan darurat bagi vaksin AstraZeneca.

Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM menerbitkan izin penggunaan darurat vaksin virus corona dari AstraZenca. Dengan begitu, vaksin tersebut bisa digunakan di Indonesia. 

Sejauh ini Indonesia menerima 1.113.600 vaksin dari AstraZeneca. Vaksin tersebut tiba di Indonesia pada Senin (8/3).

Kepala BPOM Penny K. Lukito menjelaskan proses pemberian izin penggunaan darurat vaksin AstraZeneca. Awalnya, BPOM menerima pendaftaran izin penggunaan darurat vaksin Covid-19 AstraZeneca dari dua jalur, yaitu jalur multilateral oleh Bio Farma dan jalur bilateral oleh AstraZeneca Indonesia.

Pendaftaran vaksin tersebut pun diproses dengan melaksanakan pemeriksaaan keamanan, mutu, dan khasiat. Evaluasi tersebut dilaksankaan bersama tima ahli obat, ITAGI, dan berbagai ahli  yang terkait.

Hasilnya menunjukkan bahwa pemberian dua dosis vaksin AstraZeneca dengan interval empat minggu aman dan dapat ditolerasi dengan baik. Pasalnya, kejadian efek samping yang muncul hanya ringan dan sedang, yaitu nyeri, kemerahan, gatal, kelelahan, sakit kepala, nyeri otot, meringan, nyeri sendi, mual, dan muntah. 

Dari sisi khasiat, Penny mengatkaan, pemberian vaksin AstraZeneca merangsang pembentukan antibodi setelah dosis kedua pada dewasa usia 18-60 tahun sebesar 32 kali. Sedangkan pada usia 65 tahun ke atas mencapai 21 kali.

Berdasarkan hasil pemantauan 15 hari setelah pemberian dosis kedua dan dua bulan setelahnya, efikasi yang terbentuk dari vaksin AstraZeneca mencapai 62,1%. Hal tersebut sesuai standar WHO di mana efikasi minimal 50%.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...