Jumlah Penerima Vaksinasi Covid-19 Hari Ini Bertambah 239.001 Orang

Kementerian Kesehatan mencatat jumlah penerima vaksin virus corona hingga Selasa (9/3) capai 3,33 juta.
Image title
9 Maret 2021, 21:19
vaksin virus corona, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M
ANTARA FOTO/Adwit B Pramono/rwa
Anggota TNI AL mendapat suntikan vaksin COVID-19 di Markas Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) VIII, Manado, Sulawesi Utara, Jumat (5/3/2021). Total penduduk Indonesia yang telah mendapatkan vaksin virus corona mencapai 3,33 juta orang.

Kementerian Kesehatan atau Kemenkes melaporkan penerima vaksin virus corona dosis pertama bertambah 239.001 pada Selasa (9/3). Dengan tambahan tersebut, total orang yang telah menerima vaksin Covid-19 menjadi 3.337.026 orang.

Sedangkan jumlah penduduk yang telah menerima vaksinasi covid-19 dosis kedua sebanyak 39.340 orang. Sehingga totalnya menjadi 1.197.772 orang.

Adapun target sasaran vaksinasi tahap pertama dan kedua sebanyak 40.349.051 orang. Jumlah tersebut terdiri dari tenaga kesehatan sebesar 1.468.764 orang.

Program vaksinasinya dimulai sejak 13 Januari 2021. Kemudian vaksinasi tahap II dimulai pada 17 Februari 2021 dengan total sasaran vaksinasi 38 juta orang yang terdiri atas 21 juta orang lanjut usia (lansia) dan 16 juta pekerja publik.

Advertisement

Dilansir dari Antara pada Selasa (9/3), Wakil Menteri Kesehatan Dante Sasongko Herbowo menargetkan proses vaksinasi tahap kedua bisa rampung Juni 2021. Di sisi lain, Indonesia baru saja menerima 1,11 juta vaksin Covid-19 yang dikembangkan AstraZeneca.

Vaksin tersebut didapat dari fasilitas COVAX yang merupakan gagasan dari GAVI dan WHO. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menerima langsung vaksin tersebut di Bandara Soekarno Hatta pada Senin (8/3).

Dia mengatakan vaksin tersebut merupakan hasil dari diplomasi multilateral yang dilakukan pemerintah dalam mengamankan vaksin untuk dalam negeri. Di sisi lain, keterlibatan Indonesia dalam COVAX menunjukkan bahwa negara mendukung adanya kesetaraan akses mendapatkan vaksin Covid-19. 

Vaksin yang telah tiba itu pun telah dievaluasi oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Dari hasil pemeriksaan dan analisa, BPOM akhirnya menerbitkan izin penggunaan darurat vaksin virus corona dari AstraZenca. Dengan begitu, vaksin tersebut bisa digunakan oleh masyarakat. 

 

 

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait