MPR Targetkan Donasi Rp 1 Miliar untuk Ojol dan UMKM Terdampak Corona

Bantuan dari MPR akan disalurkan melalui Gojek, Telkomsel, dan Kitabisa.com bagi masyarakat terdampak pandemi corona.
Image title
14 April 2020, 16:05
donasi, mpr, corona, covid-19, gojek
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Ilustrasi, pimpinan MPR dalam Sidang Paripurna MPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/10/2019). MPR menargetkan donasi hingga Rp 1 miliar untuk pengemudi ojek online dan UMKM terdampak Covid-19.

Majelis Permusyawaratan Rakyat atau MPR menggalang donasi dengan target Rp 1 miliar dalam sepekan untuk pengemudi ojek online dan UMKM terdampak Covid-19. Bantuan akan disalurkan melalui aplikasi Gojek, Telkomsel dan Kitabisa.com.

Ketua MPR Bambang Soesatyo mengatakan penggalangan bantuan tersebut tidak hanya terbatas bagi anggota DPR dan DPD. Pihaknya juga mengajak Badan Penanaman Ideologi Pancasila (BPIP) dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) untuk berdonasi.

"Saluran ini bentuk kontribusi bagi masyarakat terdampak," ujar Bambang dalam video conference, Selasa (14/4).

Lebih lanjut, Bambang menyebut tiga bulan gajinya telah didonasikan melalui program yang bertajuk 'MPR Peduli Covid-19'. Selain itu, beberapa Wakil Ketua MPR ikut berdonasi dengan nilai rata-rata Rp 10 juta.

Advertisement

Skema penyaluran bantuan dilaksanakan melalui tiga platform. Pertama, melalui layanan GoGive milik Gojek. Kedua, melalui layanan UMB *811# milik Telkomsel. Ketiga melalui platform Kitabisa.com.

(Baca: CEO Twitter Jack Dorsey Sumbang Rp 16 Triliun untuk Bantu Lawan Corona)

Policy and Government Relations Gojek Dyan Shinto Nugroho mengatakan donasi akan disalurkan pada mitra GoRide maupun GoCar yang terdampak Covid-19. Selain itu, bantuan diberikan kepada mitra UMKM, dan mitra Go Clean dan Go massage yang tidak bisa mendapatkan penghasilan selama pandemi. 

"Kami salurkan pada mitra yang benar-benar terverifikasi. Sehingga mekanisme penyaluran transparan dan aman," kata Shinto.

Chief of Human Capital Telekomsel Irfan Tachrir mengatakan pengumpulan donasi melalui Telkomsel dalam bentuk akses UMB. Pengguna bisa akses *811# dan pilih jumlah donasi baik prepaid maupun post paid

Telkomsel menyalurkan bantuan dengan memberikan pulsa kepada mitra pengemudi. Donasi bisa juga diberikan dari saldo GoPay. 

Ia mengatakan pembatasan interaksi sosial (social distancing) membuat kebutuhan koneksi internet menjadi penting. Tidak terkecuali bagi sektor informal, baik pengemudi ojek online, maupun UMKM.

"Kebutuhan itu (internet) jadi besar. Di sektor informal pasti terdampak. Kami berharap fasilitas (donasi) beri manfaat," kata Irfan.

CEO Kitabisa.com Alfatih Timur mengatakan, sudah ada lebih dari 800.000 donatur yang membantu masyarakat terdampak covid-19 melalui platformnya. Nilai donasinya pun rata-rata kecil.

"Ada anak SD punya saldo GoPay ikut donasi," kata dia. 

(Baca: Konglomerat Bagikan Makanan untuk Ojek Online hingga Tukang Sampah)

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait