Fintech FUNDtastic Akuisisi Platform Reksa Dana Invisee Rp 95,8 Miliar

Melalui akuisisi tersebut, FUNDtastic memiliki bisnis baru yang bergerak di sektor investasi reksa dana.
Image title
Oleh Cindy Mutia Annur
11 Agustus 2020, 10:48
fintech, akuisisi, investasi, aplikasi, reksa dana
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Ilustrasi, uang rupiah dan dolar AS. perusahaan Fintech FUNDtastic mengakuisisi platform Invesee untuk memperluas produk investasi berupa reksa dana.

Perusahaan Fintech FUNDtastic baru saja mengakusisi platform reksa dana Invisee sebesar US$ 6,5 juta atau sekitar Rp 95,8 miliar (kurs Rp 14.748). Akuisisi itu merupakan upaya perusahaan untuk memperluas  jangkauan pasar dan produk investasi melalui reksa dana.

Chief Information Officer  (CIO) sekaligus Co-Founder FUNDtastic Franky Chandra mengatakan akuisisi itu sebagai upaya rebranding Invisee menjadi FUNDtastic+. Platform tersebut akan menjadi pilar bisnis baru perusahaan untuk menyasar kerja sama dan kolaborasi dengan berbagai institusi keuangan dan mitra digital lainnya. 

Melalui akusisi Invisee, Franky melanjutkan, perusahaan telah memiliki izin tambahan sebagai Agen Penjual Reksa Dana (APERD) dan Ijin Mitra Distribusi Surat Hutang Negara. "Itu merupakan langkah awal FUNDtastic untuk fokus menjadi 'one stop solution wealth platform’ dan membuka kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk membangun keuangannya," ujar Franky dikutip dari siaran pers, Senin (10/8). 

Franky mengatakan FUNDtastic telah memiliki 6.000 pengguna aktif dengan total jumlah pengguna terdaftar sebanyak 16.000 akun. Total dana kelolaan di platformnya mencapai Rp 92 miliar. Sehingga, setiap pengguna FUNDtastic rata-rata mengalokasikan dana investasi sebesar Rp 15 juta.

Lebih lanjut, Franky mengatakan, investor Invisee yang telah mencapai 100.000 pengguna bakal segera bergabung ke dalam platform FUNDtastic. Ia memastikan migrasi pengguna berjalan dengan lancar.

Founder Invisee dan Direktur PT NSI Eri Primaria optimistis kolaborasi itu dapat memberikan layanan terbaik bagi para penggunanya. Sebagai informasi, FUNDtastic merupakan fintech yang menyediakan program investasi yang sesuai dengan target finansial dan merancang strategi investasi yang tepat bagi tiap penggunanya.

Selain itu, FUNDtastic memiliki akses ke penasihat keuangan bersertifikat (CFP) bagi pengguna yang ingin berkonsultasi lebih dalam mengenai keuangan pribadinya. Pengguna FUNDtastic juga bisa memiliki akses untuk layanan jual beli emas, asuransi, dan berbagai produk keuangan lainnya dari fintech yang telah dikurasi dengan ketat.

Hingga saat ini FUNDtastic telah bekerja sama dengan sembilan manajer investasi ternama, yaitu Mandiri Investasi, BNI Asset Management, Trimegah Asset Management, Insight Investments Management, Danareksa Investment Management, Bahana TCW Investment Management, Syailendra Capital,  Eastspring Investments dan Principal Asset Management.

FUNDtastic  berada di bawah naungan PT Chandharwealth Mandiri Indonesia yang telah terdaftar di OJK sebagai Financial Planner - Grup Inovasi Keuangan Digital (GIKD) per Juli 2019. Platform tersebut dapat diunduh di App Store dan Play Store.

 

Reporter: Cindy Mutia Annur

Video Pilihan

Artikel Terkait