Naikkan Kepemilikan Saham Bali United, Pieter Tanuri Rogoh Rp 161 M

Lavinda
Oleh Lavinda
28 September 2021, 15:16
Pieter Tanuri, Bali Bintang, Saham
ANTARA FOTO/Citro Atmoko
Direksi PT Bali Bintang Sejahtera Tbk (BOLA) yang merupakan perusahaan mengelola klub sepak bola Bali United melakukan pencatatan saham perdana di Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Senin (17/6/2019).

Pengusaha kawakan Pieter Tanuri menggelontorkan dana Rp 161,25 miliar untuk meningkatkan kepemilikan sahamnya di PT Bali Bintang Sejahtera Tbk (BOLA). Perusahaan ini dikenal mengelola klub sepak bola nasional, Bali United. 

Berdasarkan pengumuman perusahaan di laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Taipan ini merogoh kocek Rp 61,5 miliar untuk membeli 150 juta saham BOLA dengan harga Rp 410 per saham. Kini, kepemilikan sahamnya naik dari semula 36,82% menjadi 39,31% saham. "Tujuan transaksi untuk investasi," demikian tertulis dalam pengumuman, Selasa (28/9).

Advertisement

Sebelumnya, Pieter juga mengalirkan dana Rp 99,75 miliar membeli 285 juta saham pada harga Rp 350 per saham pada 27 Juli 2021. Melalui transaksi tersebut,  kepemilikan saham Pieter di BOLA meningkat dari semula 32,07% menjadi 36.81%. Di saat bersamaan, kepemilikan saham PT Asuransi Jiwa Kresna (AJK) di perusahaan menyusut.

Berdasarkan laporan keuangan, pendapatan utama Bali Bintang Sejahtera menurun 22,7% menjadi Rp 35,43 miliar pada semester I 2021, dari semula Rp 45,84 miliar pada periode yang sama tahun lalu.

Dalam penjelasan kepada bursa, manajemen perusahaan menyampaikan kondisi pandemi Covid-19 menyebabkan tidak adanya pertandingan sepak bola di tingkat nasional dan Asia. Hal ini sangat mempengaruhi pendapatan yang berasal dari sponsorship, penjualan tiket pertandingan, merchandise dan restoran.

Maka itu, perusahaan mulai mencari potensi bisnis lain, yakni bisnis konten dan komunitas digital sehingga ketergantungan perusahaan pada bisnis yang ada sekarang dapat berkurang.

Perusahaan memperkuat struktur permodalan entitas anak di bidang konten dan komunitas digital. Pada 2020, anak usaha BOLA ini memiliki komunitas digital di 7 pilar antara lain, olahraga, musik dan hiburan, kuliner, minelian, gadis, dan muslim. Konten menggunakan platform media sosial yakni, Instagram, Facebook, Twitter, TikTok, dan Youtube.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement