Menilik Potensi Klub Esports EVOS Gelar IPO di BEI
Prospek industri esports diprediksi akan makin masif didukung pertumbuhan jumlah audiens. Apalagi kini industri itu telah menarik perhatian pemerintah yang bisa dilihat dari maraknya turnamen nasional dan investasi dari perusahaan besar di luar sektor gaming. Dukungan bisnis yang luas, termasuk sponsorship dari merek terkemuka juga akan memperkuat pertumbuhan industri ini ke depannya.
Seiring hal itu, Indogen sebagai venture capital yang telah bekerjasama dengan EVOS mendukung organisasi esports tersebut untuk menjadi perusahaan terbuka. Yakni melalui gelaran penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO).
"Harapannya, melalui sinergi antara EVOS dan Indogen, ini akan secara efektif mewujudkan berbagai inisiatif EVOS pada tahun mendatang, memberikan dukungan finansial dan arahan strategis yang memperkuat posisi EVOS di industri esports dan membantu pencapaian tujuan jangka panjang perusahaan," tulis siaran pers, Rabu (31/1).
Lebih mendalam, EVOS adalah organisasi esports terkemuka dan terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. EVOS telah meraih prestasi lebih dari 60 kejuaraan turnamen besar dan 3 kali juara di kejuaraan dunia selama 2 tahun terakhir, mulai dari Mobile Legends, Free Fire dan PUBGM.
Sejak 2016, EVOS berdiri dan hadir menjadi salah satu kekuatan besar di industri esport pada lingkup Indonesia dan Asia Tenggara. EVOS berevolusi dari berbagai tim esports mulai dari Dota, Point Blank, Mobile Legends, Free Fire, dan League of Legends.
"EVOS telah dikenal oleh masyarakat secara luas dan menjadi top of mind di kalangan pecinta esports. Namun, menjadi salah satu key leaders di industri yang dinamis ini saja tidak cukup. Masih banyak sekali area yang bisa dijangkau untuk memenuhi kebutuhan yang sesungguhnya dari target audiens gaming-entertainment ini," tulis siaran pers.
Melangkah ke 2024, EVOS melihat sebuah tantangan besar untuk memperkuat posisi sebagai salah satu organisasi gaming-entertainment populer. Namun tidak terbatas pada berbagai unit bisnis dan produk yang ditawarkan bagi business stakeholder.
Inisiatif di 2024 ini mencakup memperluas jangkauan ke audiens baru dalam berbagai acara dan aktivasi, memperkenalkan format konten inovatif, dan meningkatkan ekosistem esport secara keseluruhan.
Berikut beberapa gambaran inisiatif yang akan dijalankan EVOS di 2024:
● Pengembangan Komunitas Gaming-entertainment
Mendorong pertumbuhan komunitas gaming-entertainment melalui platform online dan offline, serta memperkuat interaksi antara anggota komunitas.
● Pembaharuan Konten Gaming-entertainment
Secara konsisten memperkaya pengalaman audiens melalui konten interaktif dan streaming eksklusif, yang tentunya menjamin pengalaman yang tidak terlupakan pada setiap kontennya.
● Aktivasi dalam ranah Gaming-entertainment
Membangun keterlibatan yang kuat di dalam dan luar industri gaming-entertainment untuk menciptakan pengalaman imersif bagi target audiens.
● Gaming-Entertainment Fashion
Menjadi trendsetter gaya fesyen yang khas dengan gaming-entertainment melalui produk-produk merchandise eksklusif untuk menghidupkan gaya kekinian para audiens.
Sebelumnya pada saat pandemi menyerang berbagai belahan dunia, industri gaming-entertainment tidak tinggal diam saja. EVOS mampu melewati berbagai tantangan pada era pandemi dengan menyajikan berbagai produk dan layanan yang menjawab kebutuhan EVOS Fams, atau sebutan fans dari bagian keluarga besar EVOS.
Dalam data yang dihimpun EVOS pada tahun 2023, terdapat pencapaian luar biasa dengan lebih dari 238 juta jam tontonan dari berbagai pertandingan yang berlangsung pada 2022.
Di mana lebih dari 10 juta pengguna aktif telah bergabung melalui berbagai platform jaringan EVOS, sementara basis pengikut mencapai lebih dari 250 juta dengan impresi mencapai lebih dari 3,5 juta per tahun.