Daftar Mobile Banking Mandiri Mudah Dan Cepat
Berbagai fasilitas perbankan telah berkembang di Indonesia. Tujuannya untuk memberikan layanan maksimal kepada nasabahnya.
Bank Mandiri merupakan salah satu bank milik negara yang menghadirkan layanannya secara digital. Salah satu yang kian populer digunakan adalah mobile banking Mandiri.
Apa itu Mobile Banking?
Mobile banking adalah layanan yang memudahkan para nasabah bank untuk melakukan transaksi perbankan hanya dengan menggunakan telpon pintarnya atau smartphone. Layanan ini mempermudah nasabah bank untuk bertransaksi.
Semua bank saat ini sudah memiliki layanan mobile banking. Bank Mandiri pun demikian. Pada 31 Maret 2017, menurut grafik Databoks di bawah ini, pengguna layanan mobile banking mencapai 7.4 juta pengguna. Angkanya meningkat sekitar 131.25% dibandingkan dengan data 2009. Angka tersebut tentu saja akan semakin bertambah seiring dengan masifnya penggunaan smartphone dan internet di masyarakat.
Syarat Nomor Telepone dan Perangkat Untuk Mobile Banking Mandiri
Berdasarkan keterangan di laman bankmandiri.co.id, syarat nomor telepon dan perangkat yang bisa digunakan untuk mendaftar mobile banking Mandiri, yaitu:
- Operator teleponnya harus Telkomsel, Indosat, XL, Smartfren, dan Tri (3). Di luar itu, tidak bisa digunakan untuk mendaftar karena Bank Mandiri hanya didukung lima operator tersebut.
- Nomor telepon yang Anda gunakan harus memiliki pulsa yang cukup. Pulsa diperlukan karena nantinya aplikasi mbanking akan mengirimkan SMS untuk melakukan verifikasi. Biaya SMS tersebut dibebankan kepada penerima, dalam hal ini adalah nasabah.
- Smartphone yang digunakan memiliki spesifikasi minimum. Untuk Android minimal Lolipop 5.1 dan iOS minimal versi 8, lebih dari itu lebih baik.
Cara Daftar Mobile Banking Mandiri
Setelah mengetahui syaratnya, kini Anda bisa mendaftarnya sendiri kapan saja dan di mana saja. Berikut ini langkah-langkahnya:
- Pastikan Anda sudah terdaftar dan tercatat sebagai nasabah Bank Mandiri. Apabila belum, Anda dapat terlebih dahulu mendaftarkan diri atau buka rekening di cabang Bank Mandiri terdekat atau membuka secara online di join.bankmandiri.co.id.
- Selanjutnya, pastikan Anda memiliki kartu debit Bank Mandiri. Jika kartu hilang atau rusak, Anda dapat mengurusnya ke cabang Bank Mandiri terdekat.
- Langkah ketiga, aktifkan SMS Finansial dan membuat MPIN. Anda bisa menghubungi Mandiri Call 14000 atau mengunjungi cabang terdekat untuk mengetahui status dari SMS Finansial. Jika belum aktif, Anda bisa mengaktifkan SMS Finansial dan membuat 6 digit MPIN di cabang terdekat dengan membawa kartu identitas, kartu debit, dan buku tabungan.
- Lalu, unduh aplikasi mobile banking Mandiri yang dikenal dengan nama aplikasi Livin' melalui Google PlayStore atau toko aplikasi lainnya, sesuai perangkat.
- Lakukan registrasi di aplikasi Livin' dengan memasukkan data nomor kartu kartu debit, tanggal kedaluwarsa kartu, serta tanggal lahir.
- Berikutnya, Anda harus mengirimkan SMS verifikasi nomor telepon yang digunakan.
- Setelah verifikasi berhasil, buka kembali aplikasi Livin’ dan buat user ID beserta kata sandi yang akan digunakan untuk mengakses aplikasi.
- Lanjutkan dengan melengkapi data tambahan yang dibutuhkan seperti alamat email, foto profil (tidak wajib), kemudian klik “Buat Akun”.
- Selanjutnya, masukkan MPIN yang telah Anda buat sebelumnya di cabang Bank Mandiri terdekat.
- Setelah aktivasi selesai, kini aplikasi Livin’ dapat digunakan untuk melakukan transaksi perbankan.
Demikian cara daftar dan aktivasi mobile banking Mandiri. Apabila merasa ada kesulitan, Anda dapat langsung menghubungan customer service Bank Mandiri atau mendatangi cabang terdekat.