Awal 2020 Hingga 2021, Warung Pintar Tumbuh 100 Kali

Image title
Oleh Doddy Rosadi - Tim Publikasi Katadata
31 Desember 2021, 16:34
DBS Praxis Free
Katadata

74% (sekitar USD 267 miliar) bisnis ritel Indonesia terjadi di channel tradisional, dan jumlah warung adalah 60% dari angka tersebut. Warung juga menjadi channel distribusi utama dengan kontribusi terhadap PDB sebesar empat kali lebih tinggi dari e-commerce.

Dalam upaya mengambil peran untuk mendigitalisasi seluruh ekosistem warung, Warung Pintar Group menghadirkan solusi bisnis terintegrasi dengan visi utama untuk teknologi serta ekonomi Indonesia yang lebih inklusif. Solusi digital Warung Pintar Group dirancang sebagai kekuatan fundamental yang sangat dibutuhkan untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional, khususnya di channel tradisional.

Warung Pintar Group berupaya menyelesaikan masalah tidak hanya di satu sisi pelaku bisnis warung, namun secara menyeluruh di dalam ekosistem warung yang merupakan kontributor utama sektor ritel.

Saat ini, Warung Pintar Group memiliki empat solusi digital utama yang mengintegrasi seluruh pemain dalam ekosistem bisnis warung di Indonesia, mulai dari pemilik warung maupun toko kelontong, pengusaha grosir, distributor, hingga brand. Empat solusi tersebut, yaitu Aplikasi Warung Pintar, Aplikasi Grosir Pintar, Warung Pintar Distribusi dan Bizzy Connect yang masing-masing bertujuan untuk secara strategis membantu penguatan kolaborasi antar jalur rantai pasok dari hulu ke hilir.

Saat ini, Aplikasi Warung Pintar telah digunakan oleh 160 ribu pemilik warung yang aktif untuk bertransaksi memenuhi stok barangnya. Aplikasi ini memungkinkan pemesanan, pelacakan produk, hingga memantau kinerja warung.

Beberapa fitur yang melengkapi aplikasi Warung Pintar adalah Catatan Pintar (pencatatan transaksi digital), Iklan Pintar (pemasangan iklan brand untuk pemasukan tambahan warung), dan Komunitas Pintar (program pengembangan kapasitas pemilik warung berbasis komunitas) serta Bon Pintar (akses permodalan usaha/pilihan metode pembayaran Buy Now Pay Later yang berkolaborasi dengan CICIL). Fitur-fitur ini telah meningkatkan efisiensi warung sebesar 40%.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...