Penggemar BTS Bantah Jadi Penyebab Gangguan di Aplikasi Bank Mandiri
Gangguan aplikasi mobile banking keluaran Bank Mandiri, Livin' by Mandiri sepanjang Jumat (25/2), turut menyeret nama penggemar boy grup asal Korea BTS atau yang dikenal ARMY. Apalagi, gangguan terjadi bertepatan diluncurkannya promo merchandise BTS melalui Super App milik bank pelat merah tersebut.
Berdasarkan pantauan Katadata.co.id, kendala dialami sebagian nasabah pengguna Livin' by Mandiri dengan logo kuning. Bahkan, jelang pergantian hari tadi malam (25/2), di Twitter, tagar atau hastag "Livin" masih menjadi trending topik urutan tiga teratas di Indonesia.
Jangankan untuk bertransaksi, sekedar login masuk ke aplikasi tersebut pun, nasabah dibuat kewalahan sejak Jumat (25/2) pagi. Sedangkan untuk nasabah pengguna Livin' by Mandiri berlogo biru, masih bisa melakukan transaksi seperti biasa. Banyak juga warga net yang menanyakan penyebab aplikasi perbankan tersebut mengalami gangguan sepanjang hari.
Berbagai cuitan juga muncul di Twitter, salah satunya dari akun @Syihaaaa yang menulis "Ukraine diserang Army Rusia, Livin diserang BTS".
Ukraine diserang Army Rusia,
Livin diserang Army BTS ???? pic.twitter.com/eIossUGGiY— Lalu Lantas (@syihaaaa) February 25, 2022
Selain itu, cuitan dari akun @CEOfficialID menuliskan "Livin' by Mandiri Error, Netizen: Diserbu Army BTS?".
Pertanyaan serupa juga dicuitkan akun @tygerd, "So, BTS Army broke bank mandiri's livin?".
Tak ingin tinggal diam, beberapa warga net yang diperkirakan merupakan penggemar BTS ikut bersuara dan membantah berbagai tuduhan pada fandom mereka. Adapun beberapa cuitan yang muncul, seperti dari akun @xyzabcdd88 yang mengatakan "Promo BTS aja baru bulan depan."
Thanks ya udh mengakui kaloBTS impact is insane. But sorry crashnya livin mandiri dr banknya yg emang ga becus. Promo masih bulan depan crashnya sdh semingguan ini. Jd lo kpopies gausa cari gara2 deh buat ngedrag BTS. Oh iya lupa eggsoohhh-L, ????— Aline Audi (@aline_audi) February 26, 2022
Bertepatan Promo Merchandise BTS
Pada hari yang sama, Jumat (25/2) Bank Mandiri berkolaborasi dengan platform belanja digital produk Korea, istyle.id. Di mana, terdapat juga kerja sama dengan salah satu partner resmi penjualan merchandise idol Kpop, BTS.
Menyambut kolaborasi tersebut, Bank Mandiri menyelenggarakan program diskon setiap pembelian BTS (The Fact Music Awards) TMA 2021 Photobook Special Edition. Di mana, setiap pembelian menggunakan Livin' by Mandiri berlogo kuning, Mandiri Debit, dan Mandiri Kartu Kredit, nasabah akan memperoleh diskon 30 %, gratis biaya kirim dan voucer belanja senilai Rp 50 ribu (khusus untuk member baru) di iStyle.id.
Tak hanya potongan harga, nasabah Bank Mandiri juga bisa menikmati promo cicilan 0 % tenor maksimal 24 bulan, dengan minimal transaksi Rp 500 ribu menggunakan Mandiri Kartu Kredit. Adapun periode promo tersebut akan berlangsung selama satu bulan penuh, mulai 1 Maret 2022 hingga 31 Maret 2022, dengan memperhitungkan ketersediaan kuota.
BTS TMA 2021 Photobook Special Edition, yang akan dirilis untuk kedua kalinya setelah sebuah album photo yang menampilkan momen-momen spesial dengan The Fact Music Awards 2020 tahun lalu, membahas music (Music), kehidupan (Life), masa muda (Youth), dan kesuksesan (Success) dari BTS dengan hubungan antara ‘kau dan aku’, ‘dunia dan kita’, serta ‘hari ini dan esok’.
Album Photo BTS yang diluncurkan ini terdiri dari 160 halaman, dilengkapi dengan mini bromide, photo card dan poster.
Di sisi lain, merespons gangguan yang terjadi sepanjang Jumat (25/2), Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Aturridha meminta maaf atas kendala yang dialami nasabah saat mengakses Livin' by Mandiri. Dia menyatakan, tingginya transaksi yang terjadi kemarin (25/2), menjadi penyebab sebagian nasabah bank pelat merah itu kesulitan mengakses layanan keuangan di aplikasi tersebut.
Jelang pergantian hari, Bank Mandiri kembali mengonfirmasi dan memastikan kalau layanan Livin' by Mandiri berlogo kuning telah kembali normal dan sudah dapat diakses untuk bertransaksi. Rudi juga menjelaskan, saat ini pihaknya telah menyelesaikan proses penguraian antrian transaksi yang sempat mengalami lonjakan.
"Saat ini proses penguraian antrian transaksi telah selesai. Kami berterima kasih atas kesabaran nasabah," ujar Rudi dalam keterangan tertulis, Jumat (25/2) malam.