OJK Sebut Kredit Perbankan Naik Dua Digit di Juni, Rasio NPL Turun

Patricia Yashinta Desy Abigail
1 Agustus 2022, 21:23
OJK Sebut Kredit Perbankan Naik Dua Digit di Juni, Rasio NPL Turun
Donang Wahyu|KATADATA
OJK

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan kredit perbankan nasional pada triwulan kedua tahun ini tumbuh sebesar 10,66%. 

Ketua Dewan Komisioner OJK, Mahendra Siregar, mengatakan pertumbuhan itu ditopang oleh pertumbuhan kredit korporasi sebesar 12,87%. Sementara itu, dana pihak ketiga (DPK) tumbuh sebesar 9,13% di tengah giro yang tumbuh 19,57% dan tabungan 12,31%. 

Advertisement

Sejalan dengan intermediasi perbankan, penyaluran pembiayaan juga melanjutkan tren positif dengan pertumbuhan 5,63% per Juni 2022. Pertumbuhan, didukung pembiayaan terutama investasi dan modal kerja yang tumbuh masing-masing 19,6% dan 18,8%. 

Mahendra melanjutkan, risiko kredit tetap terjaga dengan baik pada industri perbankan maupun pada pembiayaan. Hal ini didukung likuiditas yang memadai dan permodalan yang kuat. 

Rasio kredit bermasalah atau non performing loan (NPL) gross perbankan pada Juni 2022 terpantau turun menjadi 2,86%. Sementara itu, rasio non performing financing (NPF) perusahaan pembiayaan berada di level 2,81%. 

Lalu, likuiditas perbankan memadai dengan rasio alat likuid terhadap non core deposit di level 133, 35% dan alat likuid terhadap DPK di level 9,99% per Juni 2022. 

“Ketahanan permodalan industri jasa keuangan juga memadai dengan capital adequacy ratio (CAR) perbankan mencapai 24,69%,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement