Bunga BI Sudah Naik 0,75%, Apakah Bunga Deposito Segera Menyusul?

Abdul Azis Said
22 September 2022, 16:45
bunga bi, suku bunga bi, suku bunga acuan
Agung Samosir|KATADATA
Ilustrasi. Bank Indonesia telah menaikkan suku bunga acuan hingga 0,75% pada tahun ini.

Bank Indonesia melihat kenaikan suku bunga kebijakan bank sentral sebesar 50 bps pada hari ini tak akan langsung berdampak signifikan terhadap bunga kredit dan simpanan bank. Likuiditas perbankan masih yang melimpah menjadi penyebabnya. 

Kenaikan suku bunga bulan ini merupakan yang kedua, BI sudah menaikkan suku bunga bulan sebelumnya sebesar 25 bps sehingga total kenaikan sudah mencapai 0,75%.

Advertisement

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti menyebut, transmisi suku bunga acuan ke bunga dana biasanya membutuhkan waktu satu kuartal atau 3 bulan, sedangkan ke suku bunga kredit membutuhkan dua kuartal atau enam bulan. Perhitungan transmisi suku bunga kebijakan tersebut jika dilakukan dalam kondisi normal.  

"Ini tentu kami akan lihat dampaknya, tapi tentu dengan kondisi saat ini di mana likuiditas banyak, kami perkirakan bahwa pengaruhnya ke perbankan tidak akan terlalu signifikan," ujarnya dalam konferensi pers secara daring, Kamis (22/9).

BI telah menaikan suku bunga 25 bps pada bulan lalu. Destry menyebut, pergerakan suku bunga perbankan baik kredit maupun dana simpanan justru turun setelah kenaikan bunga acuan tersebut. Rata-rata suku bunga kredit turun 48 bps menjadi 8,94%, sementara suku bunga  dana simpanan sebesar 44 bps menjaid 2,9%.

Berdasarkan pemantauan BI, kondisi likuiditas perbankan masih belum normal sehingga transmisinya terhadap kenaikan suku bunga perbankan belum terlihat. Likuiditas perbankan masih ample alias cukup banyak.

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement