Laba Bersih Bank Mandiri Tembus Rp 30 T Kuartal III, Tumbuh Nyaris 60%

Lavinda
Oleh Lavinda
26 Oktober 2022, 16:22
Bank Mandiri
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/aww.
Nasabah menunjukkan layanan aplikasi mobile Kopra di puncak peringatan Ulang Tahun ke-24 Bank Mandiri di Senayan, Jakarta, Sabtu (22/10/2022).

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk membukukan laba bersih konsolidasi Rp 30,7 triliun pada kuartal III 2022, atau tumbuh 59,4% dari raihan laba bersih periode yang sama tahun lalu, Rp 19,2 triliun. Hal itu ditopang oleh realisasi kredit dan pendanaan yang tumbuh signifikan.

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengatakan, pertumbuhan laba merupakan hasil dari strategi baru Bank Mandiri yang berfokus pada ekosistem, baik dari sisi pembiayaan maupun pendanaan.

Berdasarkan paparan kinerja keuangan, realisasi kredit Bank Mandiri secara konsolidasi per September 2022 tercatat Rp 1.167 triliun atau tumbuh 14,28% secara tahunan. Pertumbuhan kredit berada di atas  pertumbuhan industri yang sebesar 11%.

Darmawan menilai, peningkatan kredit Bank Mandiri tak terlepas dari fundamental ekonomi Indonesia yang masih solid.

“Dalam mendorong penyaluran kredit, kami tetap fokus pada sektor yang prospektif dan merupakan bisnis turunan dari ekosistem segmen wholesale di setiap wilayah,” ujarnya dalam Paparan Publik terkait Kinerja Keuangan Kuartal III 2022, Rabu (26/10).

Menurut Darmawan, fungsi intermediasi merata di seluruh segmen. Adapun, kredit korporasi yang menjadi pilar utama bisnis Bank Mandiri tumbuh 12,2% menjadi Rp 410 triliun per akhir September 2022.

Halaman:
Reporter: Zahwa Madjid

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...