OJK Minta Rencana Penyehatan AJB Bumiputera Segera Dikomunikasikan

Patricia Yashinta Desy Abigail
10 Februari 2023, 18:04
OJK Minta Rencana Penyehatan AJB Bumiputera Segera Dikomunikasikan
ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/hp.
Dua orang nasabah menyegel gedung saat menuntut pencairan klaim asuransi di Kantor AJB Bumiputera 1912, Kota Kediri, Jawa Timur, Selasa (17/1/2023). Puluhan nasabah perwakilan dari Tulungagung, Trenggalek, Blitar, Ponorogo, Madiun, dan Kediri mendatangi dan menyegel Kantor Bumiputera karena klaim asuransi tidak kunjung cair.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan tidak keberatan atas Rencana Penyehatan Keuangan (RPK) Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 (AJBB). Bahkan rencana tersebut harus segera dikomunikasikan dengan para pemegang polisnya.

Keputusan OJK tersebut dinyatakan setelah penelaahan dan pembahasan yang dilakukan OJK pada Rapat Umum Anggota (RUA) dengan hadir Badan Perwakilan Anggota (BPA), dewan Dewan Komisaris dan Direksi AJBB, serta pihak independen dan profesional lain.

Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan dan Dana Pensiun Ogi Prastomiyono mengatakan, OJK meminta agar implementasi RPK segera dikomunikasikan kepada pemegang polis yang merupakan pemilik AJBB.

"Pada tahap awal, AJBB perlu mengomunikasikan dengan baik terkait kondisi yang dihadapi dan muatan program penyehatan dalam RPK," ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (10/2).

Sebagai pengawas, OJK akan memonitor pelaksanaan RPK dengan melakukan pengawasan secara intensif terhadap AJBB hingga RPK selesai agar program yang disusun dalam RPK tersebut dapat terlaksana sesuai dengan waktu yang ditetapkan. OJK juga telah memiliki tim khusus dalam pengawasan terhadap AJBB.

OJK mengharapkan agar seluruh pemangku kepentingan (pemegang polis, manajemen, tenaga pemasar, dan serikat pekerja) dapat mendukung pelaksanaan RPK AJBB sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan perusahaan.

Halaman:
Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail
Editor: Lona Olavia

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...