KCIC Bantah Transaksi Kereta Cepat Dikuasai Bank Cina

Tia Dwitiani Komalasari
25 November 2023, 15:41
Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB)
Humas Kemenhub
Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB)

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) membantah tudingan yang menyebutkan bahwa aliran transaksi kereta cepat dikuasai oleh Bank Cina. Bantahan tersebut menjawab pemberitaan yang narasumbernya adalah salah satu  Direktur Utama Bank Daerah.

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa. menegaskan transaksi keuangan terkait dengan berbagai aktifitas manajemen dan operasional kereta cepat dilakukan di Indonesia. Untuk mendukung hal tersebut, KCIC telah berkolaborasi dengan bank nasional dalam negeri.

Advertisement

Eva mengatakan, perlu dipahami bahwa Kereta Cepat Whoosh merupakan hasil kolaborasi antara dua negara yaitu Indonesia dan Tiongkok. Dalam pelaksanaannya, China Development Bank (CDB) sebagai kreditor yang mendanai proyek Kereta Cepat Whoosh

Pada prosesnya untuk memastikan kelancaran transaksi, KCIC dan CDB bekerja sama dengan 3 bank yang beroperasi penuh di Indonesia di bawah pengawasan Bank Indonesia dan OJK, serta memiliki jaringan internasional. Bank tersebut adalah BNI, Bank of China, dan ICBC.

"Transaksional bisnis KCIC sebagian besar tetap dilakukan di dalam negeri, sehingga perputaran dana diharapkan tetap memberikan benefit yang optimal bagi perekonomian nasional," ujar General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa dalam keterangan tertulis, Sabtu (25/11).

Selain itu, KCIC juga terus berkolaborasi dengan beberapa bank nasional dalam negeri untuk pemesanan dan pembayaran ticketing, penggajian pegawai, hingga pembayaran mitra-mitra perusahaan.

KCIC juga bekerja sama dengan Bank Mandiri, BNI dan BRI dalam hal pelayanan perbankan kepada penumpang seperti pemesanan tiket dan transaksi pembayaran.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement