Komisaris BUMN Ramai-ramai Mundur Usai Jadi Timses, Ini Daftarnya

Patricia Yashinta Desy Abigail
28 November 2023, 16:01
Komisaris BUMN Ramai - ramai Mundur Usai Jadi Timses, Ini Daftarnya
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi gedung BUMN, jakarata Pusat (09/08).

Sejumlah komisaris Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengundurkan diri dari jabatannya. Penyebabnya, para komisaris tersebut masuk ke dalam tim sukses atau timses pasangan calon presiden dan wakil presiden periode 2024-2029.

Direktur Eksekutif Sinergi BUMN Institute Achmad Yunus mengatakan, fenomena ini menjadi bukti jika banyak komisaris BUMN berlatar belakang politik. Menurutnya, pengunduran diri sejumlah komiaris pelat merah merupakan hal yang positif.

"Mundurnya komisaris maupun wakil BUMN tidak berpengaruh signifikan terhadap keberlangsungan perusahaan BUMN," kata Achmad ketika dihubungi Katadata.co.id, Selasa (28/11). 

Komisaris yang memilih mundur, dinilai Achmad dapat mengurangi politisasi di lingkungan BUMN. Namun demikian, menurutnya masih begitu banyak petinggi BUMN yang tidak memiliki kesadaran diri untuk mundur, walaupun menjadi pendukung salah satu pasangan capres dan cawapres.

Dirinya turut menyebut begitu banyak individu yang mumpuni untuk menduduki jabatan komisaris di BUMN. Sehingga tidak sulit mencari pengganti para komisaris.

Halaman:
Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail
Editor: Lona Olavia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...