Sri Mulyani: Ekonomi Digital Indonesia Bisa Mencapai Rp 5.561 Triliun

 Zahwa Madjid
29 November 2023, 04:05
Sri Mulyani: Ekonomi Digital Indonesia Bisa Mencapai Rp 5.561 Triliun
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/Spt.
Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan paparan dalam konferensi pers APBN KiTa di Gedung Kemenkeu, Jakarta, Rabu (25/10/2023). Sri Mulyani menyebutkan realisasi APBN mengalami surplus sebesar Rp67,7 triliun hingga September 2023 atau setara 0,32 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) dan lebih tinggi bila dibandingkan dengan surplus APBN pada September 2022 yang tercatat sebesar Rp60,9 triliun.

Ekonomi digital Indonesia diperkirakan akan mencapai US$ 82 miliar pada 2023 atau sekitar Rp 1.266 triliun dengan asumsi kurs Rp 15.450 per dolar AS. Nilainya bahkan dapat mencapai US$ 360 miliar atau sekitar Rp 5.561 triliun pada 2030 mendatang. 

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, Indonesia memiliki demografi yang mendukung untuk perkembangan ekonomi digital. Karena mayoritas masyarakat pengguna digital di Indonesia adalah generasi milenial dan Z.

Advertisement

Ekonomi digital akan eksponensial kenaikannya. Ini menimbulkan berbagai peluang dan juga tantangan mengenai kebijakan dan regulasi yang tepat untuk mengaktualisasi potensi yang dianggap sangat tinggi,” ujar Sri Mulyani dalam acara dalam acara Indonesia Digital Summit 2023, Selasa (28/11).

Maka dari itu, Sri Mulyani menekankan pihaknya akan terus mendorong untuk mengaktualisasi potensi tersebut, dalam bentuk digital payment dari sisi financial, lending, insurance, dan wealth management.

“Untuk itu, Kementerian Keuangan bersama tim Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK), yakni Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) terus merumuskan kebijakan yang tepat terkait digital tersebut.Kami akan terus mencoba merumuskan kebijakan yang tepat  untuk opportunity yang terbuka ini,” ujar Sri Mulyani.

Halaman:
Reporter: Zahwa Madjid
Editor: Lona Olavia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement