Kredit UMKM BRI Tembus Rp1.068,7 Triliun

Shabrina Paramacitra
Oleh Shabrina Paramacitra - Tim Publikasi Katadata
7 Februari 2024, 12:23
Keberpihakan BRI terhadap UMKM ditunjukkan melalui fungsi intermediasi dan pemberdayaan.
BRI

Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan tulang punggung ekonomi nasional. Kontribusinya terhadap terhadap produk domestik bruto sebesar 61% dengan serapan tenaga kerja mencapai 97%. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) pun terus meningkatkan portofolio pembiayaan untuk segmen ini.

Hingga akhir Desember 2023, portofolio kredit UMKM BRI mencapai Rp1.068,7 triliun, atau tumbuh 10,7% secara tahunan. Artinya, dalam satu tahun BRI mengucurkan kredit baru kepada UMKM sebesar Rp103,4 triliun. Pertumbuhan ini lebih tinggi dibanding pertumbuhan kredit UMKM perbankan nasional yang sebesar 7,9%.

Advertisement

Kredit UMKM BRI mencakup 84,4% dari total portofolio kredit perseroan. Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto mengatakan, kinerja ini mempertegas posisi BRI sebagai bank pemberdaya UMKM. “Perseroan akan terus mendorong porsi kredit UMKM mencapai 85% di tahun 2025,” katanya dalam siaran pers, dikutip Rabu (7/2).

Hal ini sekaligus strategi untuk mencapai visi BRI menjadi grup perbankan paling berharga di Asia Tenggara dan terdepan dalam inklusi keuangan.

Berdayakan UMKM

Akselerasi pembiayaan kepada UMKM diikuti berbagai program pemberdayaan, misalnya Desa BRILiaN. Program ini dilakukan melalui implementasi praktik kepemimpinan yang mengoptimalkan potensi desa berbasis Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals.

Keberhasilan desa-desa yang tergabung dalam Desa BRILiaN dapat direplikasi oleh desa-desa lainnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement