CT Corps Berencana Suntik Modal ke Garuda, Ini Respons Erick Thohir

Cahya Puteri Abdi Rabbi
17 Februari 2022, 17:35
Garuda
Garuda Indonesia
Maskapai Garuda Indonesia diberi simbol kehormatan water canon saat tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Menteri BUMN Erick Thohir mendukung rencana CT Corps untuk menyuntikkan modal tambahan kepada PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA), sebagai bagian dari upaya pemulihan bisnis maskapai pelat merah tersebut.

Sebelumnya, CT Corps melalui PT Trans Airways berencana menambah modal Garuda, serta berdiskusi dengan investor strategis untuk turut menyuntikkan modal. Hal tersebut dilakukan untuk memperkuat aktivitas usaha Garuda.

Advertisement

"Sangat positif, karena pengusaha dalam negeri ini tentu harus kita dorong. Pengusaha nasional harus bisa jadi garda terdepan. BUMN saat ini filosofinya tidak mau menjadi menara gading, tetapi justru kita membangun ekosistem yang baik untuk tumbuhnya pengusaha nasional, daerah dan UMKM," kata Erick dalam acara Power Lunch-CNBC Indonesia, Kamis (17/2).

Erick mengatakan, saat ini Garuda tengah berfokus pada proses restrukturisasi melalui penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU). Pemerintah juga ingin memastikan bahwa proses restrukturisasi tersebut berjalan dengan baik.

"Kita sangat terbuka dalam bekerja sama dengan berbagai pihak, untuk memastikan maskapai milik negara ini berjalan dengan baik. Karena Garuda tidak hanya soal transportasi manusia, tapi juga dibutuhkan dalam membantu kestabilan logistik kita," kata dia.

Berdasarkan catatan Bursa Efek Indonesia (BEI), Mayoritas saham Garuda dimiliki oleh pemerintah dengan porsi 60,54%. Sementara itu, Trans Airways menggenggam 28,27%, dan sisanya masyarakat sebanyak 11,19%.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement