William Tanuwijaya Lepas Posisi CEO Tokopedia, Apa Alasannya?

Lona Olavia
10 Februari 2023, 10:52
Blak-blakan Ini Alasan William Tanuwijaya Lepas Posisi CEO Tokopedia
Katadata
CEO dan CO-Founder Tokopedia, William Tanuwijaya memberikan speech pada acara Diskusi Publik Tokopedia X dan Katadata Forum bekerjasama dengan LPEM FEB UI mengambil tema Dampak Tokopedia Terhadap Perekonomian Indonesia di Jakarta, Kamis, (10/10/2019).

Pendiri platform belanja online dan e-commerce Tokopedia William Tanuwijaya secara resmi akan melepaskan jabatannnya sebagai Chief Executive Officer (CEO) Tokopedia. Jabatan tersebut akan disahkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) pada 2 Maret 2023 . 

Perubahan ini seiring William memegang jabatan baru sebagai co-Chairman GoTo, perusahaan gabungan dari dua startup besar, yaitu Gojek dan Tokopedia. Posisi William akan digantikan oleh Melissa Siska Juminto yang akan memimpin Tokopedia sebagai Presiden E-commerce GoTo. 

William menjabat co-Chairman GOTO bersama dengan Garibaldi 'Boy' Thohir.  Peran William menjadi lebih besar di level group perusahaan. “Dalam waktu dekat bersama dengan Pak Boy Thohir, saya akan menjadi co-Chairman GoTo, mengambil peran aktif dan lebih besar di level group perusahaan," tulis William dalam Linkedn pribadinya, Jumat (10/2).

Selain William, Agus DW Martowardojo juga akan bergeser menjadi komisaris di GOTO. "Sementara Pak Agus Martowardojo, yang saat ini menjadi Presiden Komisaris Tokopedia, juga akan bergabung ke Dewan Komisaris GoTo,” kata William. 

Sebagai co-Chairman GoTo dan Chairman Tokopedia, William yang sudah memimpin Tokopedia selama 15 tahun akan membantu Andre Soelistyo, Group CEO GoTo untuk menyelesaikan pekerjaan rumah jangka pendek, menengah dan panjang. 

"Kini, saya akan mendedikasikan waktu saya untuk membangun dan mencapai visi misi Grup GoTo, bekerja secara erat dengan manajemen untuk membangun salah satu perusahaan paling ikonik dan bermakna di panggung dunia,” ujar William.  

Tokopedia, Gojek, dan GoTo, kata William, merupakan produk dan institusi yang lahir karena krisis. Sejak pandemi, tantangan dan berbagai krisis tidak berhenti menerpa keseharian perusahaan. "Dalam masa krisis akan selalu tercipta pemimpin-pemimpin baru," kata dia. 

Lewat peran barunya, William mengungkapkan dirinya ingin bisa menjadi guru sekaligus murid dari para pemimpin-pemimpin masa depan GoTo, Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial.

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...