GOTO Targetkan EBITDA Mulai Positif di Akhir 2023, Kian Dekati Profit?

Syahrizal Sidik
17 Februari 2023, 10:16
Manajemen GOTO
GOTO
Manajemen GOTO

Emiten teknologi, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) menargetkan akan mencapai torehan EBITDA yang disesuaikan atau perolehan laba perusahaan sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi akan positif di penghujung tahun ini.

Direktur Utama Grup GoTo, Andre Soelistyo mengungkapkan, selain target EBITDA, margin kontribusi Grup juga ditargetkan untuk positif pada kuartal pertama 2023, empat kuartal lebih cepat dibandingkan dengan target yang disampaikan pada pedoman sebelumnya.

"Target pencapaian profitabilitas yang baru ini, akan membawa perseroan sangat dekat mencapai arus kas operasional positif," kata Andre, kepada media, Kamis malam (17/2).

Andre mengungkapkan, sepanjang tahun lalu, perseroan mempercepat langkah menuju profitabilitas dengan fokus pada optimisasi pendapatan, pengelolaan beban usaha serta pengembangan berbagai produk dan layanan berbasis ekosistem terintegrasi.

"Sebagai hasil dari pelaksanaan strategi yang terus berlangsung tersebut, perseroan akan dapat mencatatkan EBITDA yang disesuaikan menjadi positif pada kuartal empat tahun 2023," ungkap dia.

Pada kesempatan sama, Direktur Keuangan Grup GoTo Jacky Lo menjelaskan, perseroan sudah mencapai kemajuan yang sangat baik hingga hari ini. Margin kontribusi untuk kuartal keempat tahun 2022 telah melampaui pedoman kinerja, sementara nilai transaksi bruto (GTV) dan pendapatan bruto berada dalam pedoman kinerja perusahaan.

"Hal ini menunjukkan perseroan dapat terus tumbuh secara sehat sambil terus melaju cepat menuju profitabilitas," ujarnya.

Perusahaan melakukan kajian secara berkala untuk memastikan implementasi optimal dari strategi bisnis yang berfokus pada bisnis intinya. Di samping itu, GOTO juga mempertimbangkan opsi untuk melakukan divestasi aset non-core, seiring dengan fokus mencapai target profitabilitas di akhir tahun ini.

Tiga langkah strategis Perseroan yang telah diterapkan sejak awal tahun 2022, meliputi:

• Optimisasi Pendapatan

Mencakup eksplorasi peluang untuk optimalisasi struktur komisi di unit bisnis On-Demand Services dan E-Commerce, termasuk yang telah diumumkan pada bulan Desember 2022 dan Januari 2023 lalu. Selain itu, strategi ini juga meliputi pengembangan bisnis dengan margin pendapatan lebih tinggi, seperti iklan, layanan transportasi premium, serta produk pinjaman yang terus dikembangkan.

• Pengelolaan Beban Usaha

Mencakup analisis menyeluruh yang dilakukan secara rutin terhadap tiap komponen beban usaha, untuk memastikan setiap biaya yang dikeluarkan memberikan imbal hasil yang optimal yang mendukung pencapaian target profitabilitas. 

Hal ini antara lain meliputi optimisasi biaya insentif dan marketing yang lebih tepat sasaran, unifikasi poin penghargaan, serta inisiatif rasionalisasi biaya lain, termasuk pengembangan infrastruktur engineering bersama, piranti dan aplikasi middle layer, optimisasi beban operasional, serta peningkatan efisiensi dan efektivitas organisasi.

• Pengembangan Produk berbasis Ekosistem Terintegrasi

Keunggulan kompetitif GoTo berada pada ekosistem produk yang meliputi layanan On-Demand Services, E-Commerce, dan Financial Technology. Perseroan akan terus mengembangkan produk-produk yang memanfaatkan keunggulan tersebut, sehingga mampu memberikan lebih banyak solusi bagi pelanggan dan mendukung pertumbuhan berkualitas secara jangka panjang.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...