Emiten Besutan Sandiaga Uno Saratoga Perbesar Porsi Saham di MDKA

Lona Olavia
21 September 2023, 09:37
Emiten Besutan Sandiaga Uno Saratoga Perbesar Porsi Saham di MDKA
Dokumentasi perseroan

Kepemilikan PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) atas saham PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) makin jumbo. Emiten besutan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno tersebut bisa terbilang cukup aktif bertransaksi di MDKA pada tahun ini. 

Penuntasan transaksi dibantu sejumlah lembaga keuangan dan broker. Yaitu Citibank NA, PT Stockbit Sekuritas Digital, PT Indo Premier Sekuritas, dan PT Bank Permata Tbk (BNLI).

Berdasarkan data KSEI di keterbukaan informasi BEI Rabu (21/9) disebutkan bahwa per tanggal 19 September 2023 jumlah saham MDKA yang dimiliki Saratoga menjadi 4,48 miliar saham atau 18,6% per 19 September 2023. Angka itu bertambah 7,22 juta saham bila dibandingkan dengan kepemilikan sebelumnya yang sebanyak 4,47 miliar saham atau 18,57% per 18 September 2023.

Saratoga diketahui aktif mendukung kebijakan pemerintah dalam transisi energi. Melalui Merdeka Cooper, Saratoga mendukung penuh diversifikasi bisnis dari fosil ke energi terbarukan. Selain transisi energi, Saratoga juga mendukung hilirisasi mineral.

Pada perdagangan Rabu (20/9) saham MDKA ditutup turun 0,91% ke Rp 3.260 per lembar. Secara tahun berjalan bahkan saham MDKA melemah 21,07%.

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...