Ikut Ambil Bagian Rights Issue BTPN Rp 6,7 Triliun, Bos BCA Buka Suara

Nur Hana Putri Nabila
23 Februari 2024, 15:17
Ikut Ambil Bagian Rights Issue BTPN Rp 6,7 Triliun, Bos BCA Buka Suara
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi BCA
Button AI Summarize

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mengambil bagian dalam pelaksanaan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau rights issue PT Bank BTPN Tbk (BTPN) untuk mempertahankan kepemilikan sahamnya.

Bank dengan kode saham BBCA itu memiliki hak atas 26,68 juta HMETD. Jika seluruh HMETD tersebut dilaksanakan, kepemilikan BCA sebesar 1,03% dari total modal yang telah ditempatkan dan disetor penuh.  

Seiring dengan hal itu, Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan, BCA awalnya memiliki 1% saham dari Sumitomo Mitsui Banking Corporation (SMBC). Hal ini merupakan bagian dari strategi BCA yang meski fokus pada pasar lokal, namun tetap melayani kebutuhan untuk berinteraksi dengan bank-bank besar di luar negeri. 

Berjalannya waktu, SMBC ternyata melakukan investasi di BTPN hingga akhirnya merger. Sehingga untuk mempertahankan kepemilikan sahamnya di SMBC maka BCA ikut serta dalam aksi rights issue ini.

“Ya, untuk mempertahankan 1% kan kita harus ikut right issue,” kata Jahja dalam kanal youtube Mirae Asset Sekuritas bertajuk “Pertumbuhan Berkelanjutan Ala BCA”, dikutip Jumat (23/2).

Halaman:
Reporter: Nur Hana Putri Nabila
Editor: Lona Olavia

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...