Hasil Evaluasi, Paket Kebijakan Belum Menggairahkan Investasi

Miftah Ardhian
2 Agustus 2016, 15:47
Properti gedung
Arief Kamaludin|KATADATA

Pemerintah telah mengevaluasi penerapan paket kebijakan ekonomi satu hingga dua belas. Hasilnya, Kelompok Kerja (Pokja) Satuan Tugas Paket Kebijakan melihat bahwa selusin kebijakan untuk mendongkrak ekonomi tersebut belum menggairahkan investasi dunia usaha.

Ketua Pokja III Raden Pardede mengatakankan evaluasi tersebut berdasarkan sebuah survei untuk melihat tingkat kepuasan dunia usaha terhadap paket kebijakan. Hasilnya, “Para dunia usaha belum yakin dan belum puas betul. Itu yang ditangkap oleh pihak kami,” kata Pardede saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa, 2 Agustus 2016.

Advertisement

Menurut Pardede, ketidakpuasan tersebut berakar dari efektivitas paket kebijakan. Misalnya, dalam proses perizinan di Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) pusat terlihat sangat baik. Namun, implementasi di daerah terkadang tidak sejalan. (Baca: Paket Ekonomi Belum Efektif Akibat Terganjal 20 "Cucu" Aturan).

Mestinya kalau selesai di puast harus ada hubungannya di daerah. Ini tidak, harus dari nol lagi. Mengulang di sana, karena proyek-proyek di daerah,” ujarnya. 

Pemerintah pun akan mengundang dunia usaha untuk melakukan diskusi penajaman terkait poin-poin yang dibutuhkan. Dengan penajaman dan perbaikan diharapkan kepercayaan dunia usaha muncul dan mulai berinvestasi. (Baca: Pemerintah Hapus 3.143 Perda Bermasalah).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement