Aset Kapal Tersangka Korupsi Asabri Heru Hidayat & Benny Tjokro Disita

Agustiyanti
11 Maret 2021, 20:53
asabri, heru hidayat, benny tjokrosaputro, kejaksaan agung
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/rwa.
Kapuspenkum Kejaksaan Agung Leonard Eben Ezer Simanjuntak (kiri) bersama Dir Tipikor Bareskrim Polri, Brigjen Pol Djoko Poerwanto (kanan) berbincang saat memberikan keterangan pers usai menggelar gelar perkara penanganan kasus dugaan korupsi pada PT Asabri (Persero) di Kejaksaan Agung, Jakarta, Rabu (30/12)

Kejaksaan Agung menyita aset-aset milik dua tersangka tindak pidana dugaan korupsi PT Asabri, Heru Hidayat dan Benny Tjokrosaputro. Kasus korupsi Asabri diduga merugikan negara mencapai Rp 23 triliun.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Leonard Ebe Ezer Simanjuntak menjelaskan, tim jaksa penyidik telah melakukan penyitaan fisik kapal dan pemasangan tanda pada 13 kapal milik PT Jelajah Bahari Utama yang merupakan aset milik dan/atau terkait dengan tersangka Heru Hidayat. Aset lain berupa empat kapal milik perusahaan Heru Hidayat lainnya, PT Trada Alam Minera juga tengah dalam proses pengecekan fisik usai disita.

Advertisement

"Terhadap aset-aset para Tersangka yang telah disita akan dilakukan penaksiran atau taksasi oleh Kantor Jasa Penilai Publik guna diperhitungkan sebagai penyelamatan kerugian keuangan negara di dalam proses selanjutnya," ujar Leonard dalam keterangan resmi, Kamis (11/3).

Kejaksaan juga menyita aset-aset milik dan atau yang terkait Benny Tjokrosaputro berupa 411 bidang tanah dengan luas 3.090.000 M2 yang terletak di Kabupaten Lebak.

Penyitaan bidang tanah di Kabupaten Lebak tersebut telah mendapatkan penetapan wakil ketua Pengadilan Negeri Rangkasbitung," katanya.

 Dengan penetapan tersebut, menurut dia, Penyidik dari Kejaksaan Agung untuk melakukan penyitaan terhadap bidang tanah di Kabupaten Lebak tersebut. Aset-aset tersebut kemudian akan ditaksir atau taksasi oleh Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP) guna diperhitungkan sebagai penyelamatan kerugian keuangan negara.

"Tim Khusus Pelacak Aset akan terus bekerja siang dan malam guna melacak keberadaan aset-aset milik dan atau yang terkait dengan para Tersangka baik yang ada di dalam negeri maupun luar negeri," katanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement