Masih Resesi, Bappenas Prediksi Ekonomi Kuartal I 2021 Minus 0,9%

Agatha Olivia Victoria
4 Mei 2021, 13:39
resesi, pertumbuhan ekonomi, ekonomi, bappenas
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.
Ilustrasi. Bappenas memprediksikan ekonomi minus 0,6-0,9% pada kuartal I 2021.

Badan Pusat Statistik akan melaporkan angka pertumbuhan ekonomi kuartal I 2021 basok , Rabu (5/5). Pemerintah memperkirakan ekonomi pada tiga bulan pertama tahun ini belum keluar dari resesi atau masih berada di zona negaif.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa memprediksikan ekonomi minus  0,6-0,9% pada kuartal I 2021. "Kita akan tunggu besok pengumumannya," kata Suharso dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional 2021, Selasa (4/5).

Advertisement

Meski masih akan terkontraksi pada kuartal pertama, Suharso memperkirakan ekonomi akan tumbuh positif pada kuartal II 2021. Kemungkinan tersebut seiring mulai turunnya perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia.

Kendati demikian, ia mengingatkan bahwa terjadi tren peningkatan kasus corona di beberapa daerah, seperti di Bengkulu, Jambi, Babel, Kepulauan Riau, dan Riau.

Maka dari itu, Suharso berharap masyarakat tetap perlu meningkatkan kewaspadaan dan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. "Sehingga klaster-klaster baru Covid-19 dapat dihindari dan dikurangi," ujarnya.

Dia menekankan bahwa vaksinasi terus dilakukan hingga mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity. Dengan demikian, kepercayaan publik terhadap kondisi kesehatan akan meningkat dan mendorong pemulihan ekonomi.

Suharso pun membandingkan dengan Tiongkok yang berhasil tumbuh 18,3% pada kuartal pertama tahun ini. Namun, ekonomi Negeri Panda memang sudah mulai pulih sejak kuartal II 2020. Kunci pemulihan Tiongkok yang sangat cepat adalah karena keberhasilannya dalam mengendalikan penyebaran virus corona.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement