Rupiah Masih Loyo di Tengah Banjir Dana Asing Rp 14,7 T dalam Sepekan

Agatha Olivia Victoria
4 Juni 2021, 18:45
rupiah, modal asing, aliran modal asing, rupiah melemah
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi. Modal asing pada pekan ini masuk ke pasar surat berharga negara sebesar Rp 12,27 triliun dan pasar saham sebesar Rp 2,41 triliun,

Nilai tukar rupiah pekan ini ditutup di level Rp 14.295 per dolar AS, melemah tipis 0,07% dibandingkan penutupan akhir pekan lalu. Rupiah loyo meski ada aliran modal asing masuk Rp 14,68 triliun ke Tanah Air dalam sepekan terakhir.

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR), nilai tukar rupiah juga turun tipis 0,06% pada pekan ini. Kurs itu dipublikasikan Bank Indonesia setiap pukul 10.00 WIB.

Advertisement

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan bahwa dana asing tersebut masuk ke pasar keuangan domestik pada transaksi 31 Mei-3 Juni 2021. "Terdiri dari beli neto di pasar surat berharga negara sebesar Rp 12,27 triliun dan pasar saham sebesar Rp 2,41 triliun," kata Erwin dalam keterangan resminya, Jumat (4/6).

Dengan perkembangan tersebut, tercatat nett outflow di pasar keuangan Indonesia sebesar Rp 2,43 triliun. Di sisi lain, premi risiko investasi (CDS) Indonesia lima tahun tercatat turun dari 75,78 basis poin (bps) per 28 Mei 2021 menjadi 74,71 bps per 3 Juni 2021.

Sementara suku bunga SBN Indonesia 10 tahun tercatat naik tipis dari 6,4% pada penutupan kemarin menjadi 6,41% pada pembukaan hari ini. Angka tersebut masih cukup jauh dari suku bunga obligasi AS tenor 10 tahun di kisaran 1,625%.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan, dolar menguat terhadap mata uang lainnya dan mencapai level tertingginya dalam beberapa pekan terakhir setelah serentetan data ekonomi yang kuat. Salah satunya data penurunan klaim pengangguran yang mendukung kemungkinan pengetatan awal kebijakan moneter oleh Bank Sentral AS, The Federal Reserve.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement