Perubahan Iklim Akan Memaksa 260 Juta Orang di Dunia Bermigrasi

Abdul Azis Said
16 September 2021, 16:02
perubahan iklim, bank dunia, migrasi penduduk
ANTARA FOTO/REUTERS/Sergio Morae
Bank Dunia memperkirakan, hampir 40% penduduk dunia yang akan melakukan migrasi hingga tahun 2025 merupakan masyarakat di wilayah Afrika Sub-Sahara. Jumlahnya diperkirakan mencapai 86 juta orang.

Bank Dunia memperkirakan, perubahan iklim akan memaksa 216 juta penduduk dunia melakukan migrasi internal dalam tiga dekade ke depan atau hingga 2050. Migrasi besar-besaran terutama akan terjadi di di Afrik sub-Sahara serta Asia Timur dan Pasifik.

Hal ini teruangkap dalam riset terbaru Bank Dunia bertajuk 'Groundswell' yang dirilis pekan ini.

Advertisement

Migrasi internal merupakan perpindahan penduduk dari satu daerah ke daerah lainnya dalam satu negara. Bank Dunia mencatat, pendorong utama hal ini karena terbatasnya akses mata pencaharian serta hilangnya hunian di daerah yang paling terekspos dampak perubahan iklim.

Dalam hasil riset tersebut hampir 40% penduduk dunia yang akan melakukan migrasi merupakan masyarakat di wilayah Afrika Sub-Sahara yang diperkirakan mencapai 86 juta orang. Disusul Asia Timur dan Pasifik 49 juta, Asia Selatan 40 juta, Afrika Utara 19 juta, Amerika Latin 17 juta serta Eropa Timur dan Asia Tengah 5 juta.

Migrasi internal di kawasan Asia Timur dan Pasifik, terutama terjadi di wilayah pesisir selatan Vietnam di kota Ho Chi Minh City yang merupakan pusat ekonomi negara tersebut. Beberapa daerah lain seperti ibu kota Kamboja Phnom Penh dan kota-kota di sekitar delta sungai Mekong kemungkinan juga akan ditinggalkan penduduknya bermigrasi ke arah utara.

Bank Dunia mencatat kawasan selatan Vietnam juga Kamboja menjadi daerah yang paling rentan tenggelam ketika volume air laut meningkat akibat perubahan iklim. Selain itu, daerah lain seperti Myanmar bagian tengah dan Thailand juga menghadapi ancaman migrasi internal akibat penurunan ketersediaan air dan produktivitas tanaman yang menurun.

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement