Mayoritas PNS Daerah Belum Terima Gaji ke-13

Abdul Azis Said
6 Juli 2022, 13:17
gaji ke-13, PNS, gaji ke-13 PNS, iuran PNS
Donang Wahyu|KATADATA
Petugas penukaran mata uang merapihkan uang yang hendak ditukar dengan mata uang asing di salah satu tempat penukaran uang di Jakarta

Kementerian Keuangan mencatat gaji ke-13 untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pensiunan telah disalurkan kepada 6,03 juta penerima dari total target 8,76 juta ASN dan pensiunan hingga 5 Juli puku 17.00 WIB. Meski demikian, mayoritas PNS di daerah belum menerima gaji ke-13. 

Kementerian Keuangan menyediakan anggaran Rp 35,5 triliun untuk pencairan gaji ke-13 kepada 8,76 juta ASN dan pensiunan pada tahun ini. Direktur Pelaksanaan Anggaran Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan Tri Budhianto menjelaskan, pencairan untuk gaji ke-13 ASN pusat sudah mencapai 1,84 juta pegawai. Jumlah ini sebenarnya lebih besar dibandingkan target awal sebanyak 1,79 juta pegawai.

Advertisement

Tri dalam beberapa keterangan sebelumnya telah menjelaskan, realisasi pencairan gaji ke-13 memang  akan sedikit berbeda dengan perkiraan awal karena adanya pergerakan. Ini karena ada ASN yang masuk masa pensiun. Besarannya pun berpotensi berubah karena adanya perubahan gaji atau tunjangan yang diterima pegawai.

Adapun dana yang telah digelontorkan Kemenkeu untuk pencairan ASN pusat mencapai Rp 9,7 triliun, lebih rendah dari alokasi Rp 11,5 triliun. Namun, ua belum memerinci berapa pencairan yang sudah dilakukan untuk TNI dan Polri.

Sementara itu, pencairan gaji ke-13 kepada ASN daerah baru mencakup 1,1 juta penerima, baik Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Jumlah ini baru mencakup target sebanyak 3,65 juta penerima. Realisasi anggarannya juga baru mencapai Rp 4,9 triliun atau baru sepertiga alokasi Rp 15 triliun. 

"Jumlah pemerintah daerah yang telah melaksanakan pembayaran Gaji 13 sebanyak 196 dari 542 pemda," kata Tri dalam keterangan tertulisnya, Rabu (6/7).

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement