Gambaran Suram Ekonomi Amerika Selatan akibat Lonjakan Harga BBM
Negara-negara Amerika Selatan bersiap untuk menghadapi musim gugur yang sulit akibat lonjakan harga bahan bakar global yang kini telah mendorong aksi protes di sejumlah negara. Kenaikan harga BBM membuat kondisi ekonomi negara-negara di kawasan tersebut berada dalam situasi yang sulit.
Kenaikan harga bahan bakar telah menimbulkan protes di Argentina, Ekuador dan Panama. Negara-negara tetangga mereka juga dapat sangat rentan terhadap kenaikan harga karena tidak memiliki sarana transportasi alternatif, seperti kereta api dan transportasi air yang lebih umum di Eropa dan Amerika Utara serta membutuhkan lebih sedikit bahan bakar.
"Harga bahan bakar adalah jangkar bagi seluruh perekonomian. Jika bahan bakar meningkat, itu berdampak langsung pada semua jenis harga," kata Sergio Guzman, direktur Analisis Risiko Kolombia, sebuah konsultan bisnis di Bogota.
Masalah ini semakin parah karena beberapa sektor di kawasan tersebut membutuhkan jumlah bahan bakar yang lebih besar dari sebelumnya, untuk mengimbangi dampak perubahan iklim.
Di Ekuador, di mana pisang adalah ekspor pertanian utama, pompa diesel dibutuhkan untuk memindahkan air masuk dan keluar dari perkebunan pisang. Bahan bakar mendesak untuk menghidupi pompakarena curah hujan yang semakin deras melanda negara itu.
Menurut Raul Villacres dari Pulso Bananero, konsultan perdagangan pisang di Guayaquil, produksi pisang Ekuador turun 7% dibandingkan tahun lalu. Sebagian karena kenaikan biaya solar dan bensin.
Situasi serupa mempengaruhi industri perikanan di Kolombia, di mana penduduk selama ini menikmati sebagian dari harga bahan bakar termurah di dunia. Namun, ketika Kementerian Energi dan Pertambangan menerbitkan harga yang diatur baru pada awal Juli, mengirimkan gelombang kejutan ke seluruh negeri.
Dua kali seminggu, nelayan Jimmy Murillo meninggalkan pantai dari kota pelabuhan Buenaventura, di pantai Pasifik Kolombia. Dia menghabiskan rata-rata dua atau tiga hari di laut sebelum kembali dengan tangkapannya. Namun, akhir-akhir ini perjalanannya bertambah lama, karena stok ikan berkurang dan para nelayan pergi lebih jauh ke lepas pantai untuk mencari mangsa yang lebih baik.
Ironisnya, salah satu alasan mengapa tangkapan ikan menurun adalah perubahan iklim, dan nelayan seperti Murillo harus menggunakan lebih banyak bahan bakar untuk mengurangi dampaknya. Salah satu alasannya, menurut Murillo, adalah pola curah hujan berubah dan hujan deras melanda Kolombia. Kondisi ini membuat sungai dan aliran sungai tiba di laut membawa lebih banyak pasir dan tanah di perairan mereka sehingga sebagian besar ikan bermigrasi lebih jauh ke pantai yang airnya lebih jernih dan sejuk.
"Pada bulan Januari, bahan bakar untuk kapal kami berharga 8.000 peso ($ 1,96) per galon, sekarang lebih dari 9.800 peso ($ 2,70). Setiap minggu, harga bahan bakar naik dan pemerintah tidak membantu," kata Murillo kepada CNN.
Nicole Muñoz dari Albacora yang juga nelayan ikan kecil di Bogota dan membawa 400 kilogram ikan dari pantai Kolombia ke ibu kota setiap minggu, juga mengatakan bahwa bensin adalah kunci untuk seluruh bisnisnya.
"Kami menggunakan bahan bakar untuk kapal penangkap ikan, untuk memindahkan produk dari pantai ke bandara, kemudian di pesawat, seluruh logistik kami bergantung padanya," kata Muñoz.
Harga ikan di Kolombia saat ini tidak meningkat sebanyak sektor makanan lainnya, seperti daging sapi dan produk unggas. Namun, Muñoz yakin harga akan mulai naik karena dampak dari harga bahan bakar yang lebih mahal.
Pada April, Bank Dunia memangkas prediksi pertumbuhan Amerika Latin dan Karibia sebesar 0,4% dibandingkan prediksi Januari menjadi 2,3% untuk tahun ini. Proyeksi pertumbuhan dipangkas karena dampak perang di Ukraina dan kenaikan harga dunia secara global.
Pada saat yang sama, Bank Dunia memperkirakan negara-negara Amerika Latin telah kehilangan setara dengan 1,7% dari PDB mereka karena bencana terkait iklim selama dua puluh tahun terakhir.
Ketika kehidupan sehari-hari semakin mahal, kemarahan rakyat yang terlihat di Panama, Ekuador, dan Argentina dapat menyebar ke Kolombia dan negara-negara lain di kawasan itu.
"Ini benar-benar bukan pertanyaan jika, tetapi kapan," kata Guzman dari Analisis Risiko Kolombia.
Dia berpendapat bahwa pemerintah daerah tidak akan mampu menghabiskan cukup untuk mengurangi kenaikan biaya hidup dan menenangkan populasi mereka.
"Ketika kantong semakin ketat, orang-orang akan kehilangan kesabaran, bukan karena apa pun yang dilakukan pemerintah, tetapi karena negara-negara ini tidak memiliki kapasitas untuk meningkatkan pengeluaran sosial," kata dia.
Presiden Ekuador Guillermo Lasso, misalnya, terpaksa membatasi harga bensin US$ 2,40 per galon, sebuah keputusan yang sebenarnya merugikan negara hingga tiga miliar dolar pada akhir tahun.
Di Argentina, di mana menteri keuangan negara itu terpaksa mundur karena inflasi yang ekstrem, seorang pekerja pengiriman makanan Buenos Aires mengatakan kepada CNN bahwa tahun itu lebih kejam daripada tahun-tahun awal pandemi.
"Semua orang mengeluh," Federico Mansilia, ayah dari dua anak, mengatakan kepada CNN.
Keluhan datang dari mereka yang mendapatkan dukungan sosial karena merasa tidak cukup dan mereka yang tidak mendapatkannya. Setidaknya di masa pandemi, pemerintah dan oposisi bekerja sama, sadangkan saat ini, keduanya terpecah.
Satu-satunya harapan untuk momen persatuan nasional, kata Mansilia, adalah Argentina memenangkan Piala Dunia Sepak Bola di Qatar pada akhir tahun.
"Itu benar-benar akan menyatukan negara. Jika kita menang, semua orang akan senang, tidak ada inflasi atau harga bensin yang mengganggu kita. Tapi sekarang, keadaannya sangat menyedihkan," ujarnya.