Konflik Cina dan Taiwan Memanas, Potensi Ancam Ekonomi Indonesia

Abdul Azis Said
9 Agustus 2022, 18:15
Cina, Taiwan
ANTARA FOTO/REUTERS/Ann Wang/WSJ/dj
Tentara menembakkan senjata artileri Howitzer 155m dalam latihan militer tahunan di wilayah bagian Pingtung, selatan Taiwan, Selasa (9/8/2022).

Hubungan Cina dan Taiwan memanas usai kunjungan pejabat Amerika Serikat ke ibu kota Taiwan, Taipei pekan lalu. Ketegangan di timur Asia ini meningkatkan risiko perekonomian domestik dari jalur perdagangan, kenaikan inflasi hingga sektor keuangan.

Kepala Ekonom Bank Permata Josua Pardede, mengatakan dampak dari konflik tersebut akan terlihat dari sisi perdagangan. Ekonomi Taiwan berpotensi melambat jika Cina memperluas embargo perdagangan ke Taiwan.

Advertisement

"Jika kinerja ekonomi Taiwan melambat, maka akan turut mempengaruhi kinerja ekspor Indonesia," kata Josua kepada Katadata.co.id, Selasa (9/8).

Nilai ekspor Indonesia ke Taiwan sepanjang Semester I tahun ini mencapai US$ 4,18 miliar. Nilai tersebut naik hampir dua kali lipat dari periode yang sama tahun lalu US$ 2,74 miliar serta jauh di atas realisasi 2020 sebesar US$ 1,93 miliar.

Lebih dari 60% dari nilai ekspor tersebut berupa besi dan baja serta bahan bakar mineral. Nilai ekspor besi dan baja Indonesia ke Taiwan mencapai US$ 1,38 miliar pada semester I, menyerap 9,5% dari total ekspor besi dan baja Indonesia. Nilai ekspor bahan bakar mineral US$ 1,33 miliar, nilai tersebut setara 4,2% dari total ekspor Indonesia US$ 31,94 miliar.

Di sisi lain, konflik juga bisa menghambat pengiriman barang dari Taiwan ke dalam negeri. Nilai impor Indonesia dari Taiwan sepanjang enam bulan terakhir mencapai US$ 2,36 miliar. Nilai tersebut naik dibandingkan periode yang sama tahun lalu US$ 2,09 miliar. Sepertiga dari impor Indonesia tersebut berupa mesin dan perlengkapan elektrik.

"Aktivitas manufaktur domestik pun dapat terganggu apabila impor mesin dan perlengkapan elektrik juga terganggu," kata Josua.

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement