Gelontorkan Ratusan Miliar untuk G20, Apa Untungnya bagi Indonesia?

Abdul Azis Said
8 November 2022, 13:26
G20, KTT G20
Katadata
Ilustrasi. Pemerintah menghabiskan anggaran mencapai Rp 552 miliar untuk menggelar ratusan pertemuan rangkaian G20.

Pemerintah menggelontorkan ratusan miliar untuk menyukseskan gelaran G20 Presidensi Indonesia tahun ini.  Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga memastikan acara ini akan memberi dampak yang positif bagi ekonomi Indonesia.

Airlangga menyebut, Presidensi G20 Indoensia akan menyumbang Rp 7,4 triliun ke Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia, Perhelatan tingkat internasional ini juga menciptakan dampak terhadap konsumsi langsung sebesar Rp 1,7 triliun. Sementara dampaknya terhadap penyerapan tenaga kerja, termasuk melalui UMKM, hingga 33 ribu orang.

"Selama G20, digelar event yang jumlahnya 438 terdiri dari pertemuan tingkat menteri dan sebagainya. Jumlah pertemuannya ini melebihi jumlah hari dalam setahun," kata Airlangga dalam konferensi pers secara daring, Senin (7/11).

Airlangga juga menyebut Presidensi G20 Indonesia tahun ini menjadi yang paling ramai karena berisi ratusan event. Bukan hanya pertemuan tingkat menteri, grup kerja, tetapi juga diramaikan side event seperti seminar dan lainnya.

Ia juga mengatakan, dampaknya bukan hanya hitung-hitungan angka saja. Airlangga menyebut, presidensi ini akan membuat ekonomi Indonesia semakin diperhitungkan ke depannya. Apalagi, Indonesia menahkodai G20 saat performa ekonomi domestik juga tengah dalam kondisi baik saat situasi dunia memburuk.

"Ini akan membuat indonesia semakin diperhitungkan. Berdasarkan Purchasing Power Parity (PPP), kita saat ini sudah nomor tujuh  di dunia, dan kita optimistis bisa masuk ke empat besar lebih cepat yaitu di tahun 2030 berdasarkan PPP," kata Airlangga.

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...