Daftar 4 Calon Anggota DK OJK Baru Pilihan Jokowi

Abdul Azis Said
6 Juli 2023, 12:10
DPR, OJK, anggota dewan komisioner OJK
Agung Samosir | Katadata
Ilustrasi. Empat calon anggota dewan komisioner OJK akan menjalani uji kepatutan dan kelayakan di DPR pada pekan depan.

Presiden Joko Widodo telah memilih nama empat calon anggota Dewan Komsioner Otoritas Jasa Keuangan  yang baru untuk pengawasan lembaga pembiayaan dan kripto. Keputusan akhir pilihan dari DPR akan keluar maksimal 10 Juli mendatang. 

Ketua Badan Anggaran sekaligus anggota Komisi XI DPR RI Said Abdullah membenarkan empat nama pilihan Jokowi tersebut. Keempatnya adalah Agusman, Adi Budiarso, Hasan Fawzi dan Erwin Haryono.

"Fit dan proper test di Komisi XI dan keputusan hasilnya paling lambat tanggal 10 sudah selesai," kata dia saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, Kamis (6/7). 

Dua Wakil Ketua Komisi XI DPR RI yakni Dolfie dan Amir Usakara juga membenarkan hal itu. Keempat nama tersebut termuat dalam lampiran surat tertanggal 16 Juni 2023 yang berisi nama-nama usulan Presiden Jokowi.

Adapun perincian nama dan posisi dari keempat calon usulan Jokowi adalah sebagai berikut:

  1. Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro, dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya merangkap sebagai anggota: 
    • Agusman
    • Adi Budiarso
  2. Kepala Eksekutif Pengawas Inovasi Teknologi Sektor Keuangan, Aset Keuangan Digital dan Aset Kripto dan merangkap sebagai anggota;
    • Hasan Fawzi
    • Erwin Haryono

Reporter: Abdul Azis Said
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...