Anak Buah Luhut Beberkan Kesalahan Faisal Basri saat Kritik Hilirisasi

Agustiyanti
14 Agustus 2023, 10:07
hilirisasi nikel, faisal basri, cina
ANTARA FOTO/Jojon/aww.
Ekonom senior Faisal Basri mengkritik kebijakan hilirisasi nikel yang dianggap lebih banyak menguntungkan Cina.

Ekonom senior Faisal Basri mengkritik kebijakan hilirisasi Presiden Joko Widodo yang dianggap memberikan banyak keuntungan bagi Cina dibandingkan negara sendiri dengan memaparkan sejumlah data pendukung. Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Septian Hario Seto menyebut data-data yang disebutkan Faisal Basri tak menyeluruh sehingga menghasilkan kesimpulan yang salah. 

Kritik Faisal Basri pertama kali diungkapkan dalam Kajian Tengah Tahun INDEF pada Selasa (8/8). Saat itu, ia menyebut kebijakan hilirisasi Jokowi tak memberikan banyak keuntungan bagi perekonomian di dalam negeri karena memberikan terlalu banyak insentif. Ia pun menilai kebijakan hilirisasi nikel hanya memberikan keuntungan yang sangat besar bagi Cina yang paling banyak menjadi investor smelter nikel. 

Advertisement

Kritik Faisal Basri kemudian ditanggapi oleh Presiden Joko Widodo. Jokowi sempat menyebutkan, hilirisasi telah mendongkrak ekspor hingga berkali lipat. Ia pun menyebut nilainya pada tahun lalu mencapai Rp 510 triliun. 

Jawaban Jokowi tak memuaskan Faisal Basri. Melalui akun miliknya, ia menyebut angka-angka Jokowi tidak jelas sumber dan hitung-hitungannya. Faisal Basri pun membagikan sejumlah data dan hitung-hitungan terkait kebijakan hilirisasi nikel yang ia anggap lebih banyak menguntungkan Cina.

Dalam tulisan yang diunggah Faisal Basri pada Jumat (11/8), ia menekankan bahwa kebijakan hilirisasi Jokowi tidak mendukung industrialisasi di dalam negeri dan justru mendukung industrialisasi di Cina. 

Kemenkomarves: Tuduhan Faisal Basri soal Hilirisasi Nikel Menguntungkan Cina Salah

Tuduhan Faisal Basri dijawab oleh Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Septian Hario Seto. Seto juga membeberkan sejumlah data untuk membuktikan tuduhan Faisal Basri Salah. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement