Temui Jokowi, Direktur IMF Sebut Kinerja Ekonomi ASEAN Kurang Baik

Muhamad Fajar Riyandanu
4 September 2023, 19:14
Temui Jokowi, Direktur IMF Sebut Kinerja Ekonomi ASEAN Kurang Baik
YBI

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melaksanakan pertemuan dengan Direktur Pelaksana International Monetary Fund (IMF) Kristalina Georgieva di Istana Negara, Jakarta, Senin (4/9).

Saat menemui Jokowi, Kristalina mengatakan bahwa kondisi perekonomian di kawasan ASEAN sedang menghadapi tantangan. "Semuanya di ASEAN saat ini tengah menghadapi keadaan dunia perekonomian yang kinerjanya kurang baik," kata Kristalina.

Dia melanjutkan, situasi perekonomian global saat ini cenderung bergerak secara dinamis dan sulit diprediksi akibat efek lanjutan dari Pandemi Covid-19 yang melanda dunia selama dua tahun belakangan. Sehingga dibutuhkan kerja sama dan kolaborasi antar negara untuk menghadapi tantangan dan ketidakpastian tersebut.

"Karena kita tidak tahu apa yang harus kita lakukan saat menghadapi pandemi. Semua sangat dinamis dan ini sangat memungkinkan untuk saling bergerak bersama untuk saling menguntungkan," ujar Kristalina.

Pertemuan tertutup itu turut dihadiri oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Sebelumnya, Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi atau OECD memproyeksikan laju pertumbuhan ekonomi rata-rata negara ASEAN berada di level 4,2% pada tahun ini.

Angka tersebut lebih rendah dibandingkan ramalan OECD pada Maret lalu yang meramal pertumbuhan ekonomi ASEAN bisa sebesar 4,6% pada tahun ini.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Lona Olavia

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...