OJK Yakin Sektor Keuangan Mampu Hadapi Ketidakpastian Global

Lavinda
Oleh Lavinda
30 Oktober 2023, 13:20
OJK
Dok. Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar meyakini sektor jasa keuangan Indonesia mampu menghadapi berbagai gejolak yang sedang terjadi di tingkat global, salah satunya kebijakan suku bunga tinggi dalam jangka waktu lama.

“Sektor jasa keuangan terjaga stabil dalam menghadapi peningkatan ketidakpastian global, yang ditunjukkan oleh terjangan gaya permodalan yang kuat, kondisi likuiditas yang memadai dan profil risiko yang terjaga,” ujar Mahendra dalam Konferensi Pers Rapat Dewan Komisioner Bulanan (RDKB) OJK Oktober 2023 seperti dikutip Antara, Senin (30/10).

Advertisement

Selain itu, lanjutnya, sektor jasa keuangan nasional mampu menghadapi meningkatnya tensi geopolitik di tingkat global, salah satunya konflik yang sedang terjadi di Timur Tengah antara Israel dan Hamas.

“Risiko geopolitik global berpotensi mengganggu ekonomi dunia secara signifikan, terutama jika terjadi eskalasi di Timur Tengah yang lebih luas,” ujar Mahendra.

Mahendra menjelaskan, membaiknya pasar tenaga kerja dan inflasi yang tetap tinggi di Amerika Serikat (AS), mendorong meningkatnya aksi jual pasar obligasi di salah satu negara ekonomi terkuat dunia tersebut.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement