Ada Fenomena Deindustrialisasi, Sri Mulyani: Dampak dari Digitalisasi

 Zahwa Madjid
2 November 2023, 09:44
sri mulyani, deindustrialisasi, digitalisasi
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/Spt.
Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan paparan dalam konferensi pers APBN KiTa di Gedung Kemenkeu, Jakarta, Rabu (25/10/2023).

Saat ini terjadi fenomena penurunan kinerja sektor manufaktur atau deindustrialisasi yang terjadi di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam acara Kompas 100 CEO Forum pada Rabu (1/11).

Menurut Menkeu, salah satu penyebab fenomena deindustrialisasi adalah industri manufaktur yang kalah cepat dengan industri jasa yang berkembang dengan pesat karena bantuan dari digitalisasi.

“Kalau dulu industri jasa dianggap sektor keuangan, perdagangan saja, tapi sekarang dengan digitalisasi banyak sekali sektor berubah jadi services sehingga ini menyebabkan seolah-olah peranan sektor jasa mengambil alih manufaktur,” kata Sri Mulyani.

Selain itu, kata Sri Mulyani, digitalisasi juga berdampak pada penciptaan lapangan kerja di sektor manufaktur. “Sementara manufaktur jadi kecil apalagi dari employment creation karena ada manufaktur jadi robotik jadi memang peranan dari teknologi ini akan mempengaruhi struktur dari industri,” katanya.

Untuk mendorong sektor manufaktur dalam mendukung visi Indonesia Emas 2045, Sri Mulyani menjelaskan bahwa dibutuhkan akselerasi dari sisi produktivitas.

Halaman:
Reporter: Zahwa Madjid

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...