Sri Mulyani Targetkan Penerimaan Negara Capai Rp 2.802,3 T di 2024

 Zahwa Madjid
30 November 2023, 16:13
Sri Mulyani Targetkan Penerimaan Negara Capai Rp 2.802,3 T di 2024
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/tom.
Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan konferensi pers hasil rapat berkala Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) II Tahun 2023 di Jakarta, Senin (8/5/2023). KSSK menyatakan stabilitas sistem keuangan pada kuartal I-2023 masih terjaga di tengah tantangan pasar keuangan global.

Pemerintah menargetkan penerimaan negara pada 2024 akan mencapai Rp 2.802,3 triliun. Jumlah tersebut naik Rp 164 triliun dari estimasi penerimaan pada tahun ini sebesar Rp 2.637 triliun.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut, target penerimaan tersebut akan dicapai melalui optimalisasi dan menjaga iklim investasi di tengah ketidakpastian global.

Advertisement

Sementara pada sektor perpajakan, pihaknya juga akan mendorong kinerja ekonomi terus membaik dan mendorong harmoninasi pelaksanaan undang-undang perpajakan.

“Pemberian insentif perpajakan akan tetap dilakukan secara terarah dan terukur. Basis perpajakan juga akan diperluas dan ditingkatkan,” ujar Sri Mulyani di Istana Negara, Jakarta, Rabu (29/11).

Selain itu, tingkat kepatuhan pajak akan terus diperbaiki melalui optimalisasi dari Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dengan menjaga kualitas layanan publik dan juga program kelestarian lingkungan.

“Karena penerimaan negara bukan pajak juga cukup besar dari sumber daya alam. PNBP juga perlu untuk ditingkatkan dari sisi tata kelola,” ujar Sri Mulyani.

Halaman:
Reporter: Zahwa Madjid
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement