Tanda-tanda The Fed Tak akan Lekas Pangkas Bunga: Ekonomi Amerika Kuat

Agustiyanti
10 Desember 2023, 15:47
suku bunga, lapangan kerja
ANTARA FOTO/REUTERS/David Ryder/ama/dj
Ilustrasi.

Pertumbuhan lapangan kerja AS masih meningkat, sedangkan tingkat pengangguran turun menjadi 3,7% pada November 2024. Data ketenagakerjaan yang masih solid dan berada di atas perkiraan pasar menunjukkan bahwa ekspektasi pasar keuangan terhadap penurunan suku bunga pada awal tahun depan mungkin terlalu dini.

Laporan ketenagakerjaan yang diawasi ketat oleh Departemen Tenaga Kerja pada Jumat, tidak mengubah pandangan bahwa siklus kenaikan suku bunga Federal Reserve telah selesai. Ini kasrena upah tahunan naik secara moderat pada bulan lalun dan inflasi telah mereda dalam beberapa bulan terakhir.

Advertisement

Tingkat pengangguran yang turun setelah sempat mencapai level tertinggi dalam dua tahun terakhir sebesar 3,9% pada Oktober telah meredakan kekhawatiran bahwa perekonomian hampir memasuki resesi. Bank sentral AS diperkirakan akan mempertahankan suku bunga tidak berubah pada pekan depan, Rabu (13/12)

"Ini adalah laporan yang relatif sehat dan akan membantu meredam kegembiraan seputar penurunan suku bunga yang agresif dan segera terjadi," kata Richard de Chazal, analis makro di William Blair di London, seperti dikutip dari Reuters. 

Nonfarm payrolls atau tingkat ketenagakerjaan di Amerika serikat selain dari sektor pertanian, pemerintahan, rumah tangga, dan lembaga-lembaga nonprofit meningkat sebesar 199.000 pekerjaan pada bulan lalu. Angka lapangan kerja baru ini lebih tinggi dibandingkan pada Oktober yang hanya mencapai 150.000. 

Data ketenagakerjaan terbaru ini juga lebih tinggi dibandingkan perkiraan ekonom yang disurvei oleh Reuters sebanyak 180 ribu lapangan kerja. 

Sektor kesehatan memimpin kenaikan gaji yang besar, menambah 77.000 pekerjaan. Sebagian besar mencakup layanan rawat jalan serta di rumah sakit, fasilitas perawatan dan perawatan di rumah. Penggajian pemerintah juga melonjak sebanyak 49.000 pekerjaan, didorong oleh perekrutan pemerintah daerah.

Lapangan kerja di sektor manufaktur meningkat sebesar 28.000 pekerjaan, dengan pekerjaan kendaraan bermotor dan suku cadang meningkat 30.000. Ini terjadi seiring kembali bekerjanya para anggota serikat pekerja United Auto Workers (UAW)  setelah melakukan aksi mogok melawan pembuat mobil "Tiga Besar" di Detroit.

Pendapatan sektor rekreasi dan perhotelan meningkat sebesar 40.000, sebagian besar didorong oleh perekrutan karyawan di restoran dan bar. Pekerjaan di industri film dan rekaman suara juga meningkat sebesar 17.000 pekerjaan, sebagian besar karena perselisihan perburuhan diselesaikan.

Namun demikian, lapangan kerja ritel turun sebanyak 38.000 pekerjaan di tengah penurunan di department store serta gerai furnitur, perabot rumah tangga, elektronik, dan peralatan rumah tangga. Beberapa ekonom mengaitkan penurunan ini dengan masalah penyesuaian data terhadap fluktuasi musiman.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement