Beras Langka di Minimarket, Bulog Bakal Gelontorkan 250 Ribu Ton

Andi M. Arief
12 Februari 2024, 15:36
beras, bulog
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/foc.
Bulog akan menggelontoran beras Stabilitas Pasokan Harga Pangan (SPHP) ke ritel modern dan pasar tradisonal dengan mengganti kemasan ke ukuran lima kilogram.

Perum Bulog akan menggelontorkan beras sebanyak 250 ribu ton mulai pekan ini ke ritel modern dan pasar tradisional. Langkah ini dilakukan untuk menstabilkan harga beras yang masih naik seiring stok beras yang menipis di pasar dan mulai langka di minimarket.

Direktur Utama Bulog Bayu Krisnamurthi mengatakan pihaknya akan menggelontoran beras Stabilitas Pasokan Harga Pangan (SPHP) ke ritel modern dan pasar tradisonal. Hal tersebut akan dilakukan dengan mengganti kemasan beras SPHP ke ukuran lima kilogram. 

Advertisement

"Ini maksudnya supaya lebih mudah terjangkau ke masyarakat. Beras SPHP tidak memakai daftar penerima dan memang diserahkan secara bebas ke masyarakat," kata Bayu di Ramayana CiPlaz Klender, Senin (12/2).

Bayu berharap agar beras SPHP hanya dibeli oleh konsumen tingkat rumah tangga. Ia menduga beras SPHP di beberapa titik diserap oleh pengusaha makanan alih-alih konsumen langsung.

Bayu menduga hal tersebut karena menerima laporan terkait ludesnya satu ton atau 200 kemasan beras SPHP kemasan lima kilogram dalam waktu 2,5 jam di salah satu ritel modern.

"Upaya Bulog untuk menjaga pasokan beras SPHP menjadi berat kalau konsumen yang dihadapi bukan rumah tangga," katanya.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement