ASEAN Summits Show
Laily Rachev|Biro Pers Setpres
Donang Wahyu
8 September 2016, 14:49

Seruan Jokowi kepada Para Pemimpin ASEAN

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan sejumlah seruan kepada para pemimpin negara-negara anggota ASEAN dalam sidang pleno Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-28 ASEAN di Vientienne, Laos, Selasa sore (6/9).

Menurut Jokowi, negara-negara di dunia menaruh harapan tinggi kepada ASEAN sebagai kawasan yang dihuni lebih dari 600 juta orang. Karena itu, penting menjaga stabilitas kawasan ASEAN. "Semangat kerjasama guna menjaga rumah kita harus terus diteguhkan. Kita tidak dapat membiarkan instabilitas terjadi di wilayah sekitar kita," katanya.

Selain itu, dia menghimbau kebersamaan negara-negara ASEAN dalam menangkal intervensi pihak luar. "Kita tidak dapat membiarkan negara-negara besar mengatur dan menentukan nasib keamanan dan stabilitas wilayah sekitar kita," kata Jokowi, seperti disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam jumpa pers usai rapat pleno ASEAN yang berlangsung tertutup.

Dari sisi ekonomi, Jokowi menyampaikan sentralitas dan kesatuan ASEAN selama ini telah mendukung stabilitas pembangunan di kawasan. Hal itu terbukti dengan pendapatan domestik bruto (PDB) di Asia Tenggara tumbuh 4,7 persen, atau lebih tinggi daripada rata-rata pertumbuhan ekonomi global, Amerika Serikat dan Uni Eropa.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami