Pasar Grogol Show
KATADATA | Ajeng Dinar Ulfiana
Image title
Oleh Ajeng Dinar Ulfiana
18 Desember 2018, 07:00

Langkah Jakarta untuk Memoles Pasar Kumuh Menjadi Mewah

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dalam waktu dekat, akan merevitalisasi sejumlah pasar yang kumuh di Jakarta Barat menjadi pasar modern. Di sana juga akan dilengkapi hunian yang dapat dibeli dengan uang muka (DP) 0 persen.

Tiga pasar di Jakarta Barat menjadi proyek percontohan renovasi, yaitu Grogol, Slipi, dan Kopro. Pemerintahan di bawah Gubernur Anies Baswedan ini akan melakukan sosialisasi dan rapat koordinasi dalam waktu dekat.

(Baca: Pasar Tradisional Didorong Gunakan Pembayaran Non-tunai)

Pasar Grogol diperkirakan berusia 30 tahun. Di sana ada 6.000 kios. Sebanyak 5.000 kios terisi dan 1000 toko kecil lainnya masih kosong. Wali Kota Jakarta Barat, ketika itu Anas Effendi, menyatakan sudah mendapatkan restu Anies untuk mencari lokasi strategis pembangunannya. “Konsepnya tidak jauh beda dengan apartement mewah. Di bawah pasar, di atas itu hunian.”

Bagi warga Grogol, pasar tersebut sebenarnya tidak hanya menjadi tempat untuk transaksi jual-beli, melainkan tempat berolahraga. Sejak 2005, di sana warga bermain tenis meja hingga futsal. Lalu, muncullah narasi baru “belanja sambil olahraga”.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami