Foto: Senyap Perkampungan Muara Gembong Dilanda Abrasi Menahun

Penulis: Arief Kamaludin

Editor: Muchamad Nafi

4/12/2019, 17.20 WIB9 Foto

Kampung Beting makin senyap. Ratusan bangunan seperti sekolah, rumah, dan tempat ibadah mulai rusak tergenang abrasi.

Abrasi mulai melanda Kampung Beting, Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muara Gembong sejak dua belas tahun lalu. Kampung Beting satu di antara ratusan desa yang terletak di pesisir pantai utara Bekasi, Jawa Barat.

Kampung Beting kini makin senyap. Ratusan bangunan seperti sekolah, rumah, dan tempat ibadah mulai rusak karena tergenang air laut. Perlahan tapi pasti, satu dua rumah mulai ditinggalkan menyusul luapan air laut yang masuk ke halaman tempat tinggal penduduk sejak 2007.

Untuk mengurangi abrasi, warga Kecamatan Muara Gembong menanam bakau di tepi pantai. “Sejauh ini cukup mampu menahan abrasi,” kata Junaefi, Camat Muara Gembong seperti dikutip Antara.

Selengkapnya
Abrasi Muara Gembong
Foto: ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

Seorang warga keluar dari sarana MCK di Kampung Beting, Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (26/11/2019).

Abrasi Muara Gembong
Foto: ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

Ratusan rumah di kampung tersebut rusak dan dikosongkan para penghuninya lantaran terkena abrasi sejak 12 tahun lalu.

Abrasi Muara Gembong
Foto: ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah

Sejumlah anggota TNI, Siswa Sekolah dan Masyarakat menanam bibit tanaman Mangrove di Pantai Bakti Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (7/10/2019). Kegiatan tersebut rangkaian dari HUT ke 74 TNI dan untuk menjaga kelestarian ekosistem laut guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Abrasi Muara Gembong
Foto: ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

Halaman masjid tergenang luapan air laut di Kampung Beting, Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (26/11/2019).

Abrasi Muara Gembong
Foto: ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah

Dua bocah bermain di halaman sekolah yang tergenang banjir rob di Desa Pantai Bahagia, Muaragembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (6/8/2019). Banjir rob menggenangi sejumlah fasilitas umum yang berada di Desa Bahagia akibat letaknya yang lebih rendah dari permukaan laut.

Abrasi Muara Gembong
Foto: ANTARA FOTO/Risky Andrianto

Siswa pulang sekolah melintasi genangan air akibat banjir rob yang merendam SDN Pantai Bahagia 04, di Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis (1/2). Banjir rob yang terjadi tiga kali dalam sebulan di kawasan itu, semakin meningkat debit airnya dan akibatnya permukiman warga, sekolah dan akses jalan terendam banjir.

Abrasi Muara Gembong
Foto: ANTARA FOTO/Risky Andrianto

Warga beraktivitas di dekat rumah yang rusak akibat banjir rob, di kawasan Kampung Beting, Desa Pantai Bahagia, Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (22/1). Sebanyak 29 Kepala Keluarga di daerah itu terisolir akibat terdampak abrasi. Mereka harus menggunakan perahu untuk mengakses daratan.

Abrasi Muara Gembong
Foto: ANTARA FOTO/Risky Andrianto

Warga mengunjungi Ekowisata Hutan Mangrove, di kawasan pesisir Pantai Mekar, Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (22/1). Untuk mengurangi abrasi, warga Kecamatan Muara Gembong mencoba menanam bakau di tepi pantai. “Sejauh ini cukup mampu menahan abrasi,” kata Junaefi, Camat Muara Gembong seperti dikutip Antara.

Abrasi Muara Gembong
Foto: ANTARA FOTO/Risky Andrianto

Warga melintas di dekat pemakaman yang terendam rob, di Desa Pantai Bahagia, Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (9/6). Banjir akibat pasang air laut tersebut sering terjadi di kawasan itu dengan ketinggian air mencapai 50 cm yang mengakibatkan pemakaman dan sekolah terendam serta akses jalan terputus.