Foto: Banjir dan Hujan Deras di Seantero Jakarta

Penulis: Arief Kamaludin

Editor: Muchamad Nafi

2/1/2020, 06.00 WIB16 Foto

Sejumlah faktor menyebabkan banjir di Jakarta dan sekitarnya: hujan di berbagai wilayah secara bersamaan, curah hujan tinggi, kondisi lingkungan, dan laut.

Hujan deras mengguyur Jakarta dan daerah-daerah penyangganya menjelang pergantian tahun 2019. Intensitasnya yang lama hingga kemarin malam membawa debit air besar ke Ibu Kota. Akibatnya, banjir menerjang sejumalah wilayah. Beberapa titik juga tergenang.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG memperkirakan, sepekan ini hujan lebat berpotensi mengguyur Jakarta, Bogor,  Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) serta sejumlah daerah lainnya. Hari ini wilayah di Jakarta diramal mengalami hujan yang dimulai sejak tadi malam.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG R. Mulyono R. Prabowo mengatakan, sejumlah faktor menyebabkan banjir di Jakarta dan sekitarnya. Faktor tersebut, yakni hujan yang terjadi di berbagai wilayah bersamaan, curah hujan yang tinggi, kondisi lingkungan, serta kondisi laut di sekitar.

(Baca: Jakarta Banjir, PLN Padamkan Listrik di Sejumlah Lokasi)

Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB menyebutkan curah hujan yang terjadi sejak Selasa malam hingga kemarin pagi, Rabu (1/1) merupakan rekor tertinggi dalam beberapa tahun terakhir. Ada 103 titik banjir di wilayah Jabodetabek.

Curah hujan di Halim, misalnya, lebih tinggi dari tahun-tahun sebelumnya saat terjadi banjir besar. Pada 1996, curah hujan di sana 216 mm per hari, 2002 sebesar 168 mm per hari, 2007 mencapai 340 mm per hari, dan 2008 mencapai 250mm per hari.

Kepala Pusat Data dan Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo mengatakan, hujan tahun baru kali ini sangat ekstrem dan melanda sebagian besar Jawa bagian Barat-Utara. Ini menyebabkan banjir besar yang merata di Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bandung Barat, bahkan Cikampek dan Cipali. "Hujan kali ini bukan hujan biasa," ujar Agus melalui siaran pers.

Selengkapnya
Banjir Jabodetabek
Foto: ANTARA FOTO/Fauzan

Seorang warga membersihkan sampah di rumah yang terkena banjir di Poris, Kota Tangerang, Banten, Rabu (1/1/2020). Hujan lebat yang mengguyur sejak malam hari menyebabkan beberapa titik di Tangerang terendam banjir.

Banjir Jabodetabek
Foto: ANTARA FOTO/Risky Andrianto

Personel Brimob Polri dan TNI mengevakuasi warga yang terjebak banjir di kawasan permukiman Cipinang Melayu, Jakarta, Rabu (1/1/2020). Banjir tersebut akibat luapan sungai Sunter yang diperparah tingginya intensitas curah hujan sejak Selasa (31/12/2019) malam.

Banjir Jabodetabek
Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Petugas PPSU memberishkan sampah saat terjadi genangan banjir di Underpass Mampang-Kuningan, Jakarta, Rabu (1/1/2020). Banjir tersebut disebabkan karena tingginya intensitas hujan yang mengguyur sejak Selasa (31/12/2019).

Banjir Jabodetabek
Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Seorang warga beraktivitas saat banjir di Jalan DI Panjaitan, Cawang, Rabu (1/1/2020). Banjir tersebut disebabkan karena tingginya intensitas hujan yang mengguyur sejak Selasa (31/12/2019).

Banjir Jabodetabek
Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Warga mendorong motornya melintasi genangan banjir di Jalan DI Panjaitan, Cawang, Rabu (1/1/2020). Banjir tersebut disebabkan karena tingginya intensitas hujan yang mengguyur sejak Selasa (31/12/2019).

Banjir Jabodetabek
Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Warga berjalan melintasi genangan banjir di kawasan Karet Semanggi, Jakarta, Rabu (1/1/2020). Banjir tersebut disebabkan karena tingginya intensitas hujan yang mengguyur sejak Selasa (31/12/2019).

Banjir Jabodetabek
Foto: ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Suasana mobil taksi yang terendam di pool taksi Kramat Jati, Jalan Raya Pondok Gede, Jakarta, Rabu (1/1/2020). Banjir tersebut disebabkan karena tingginya intensitas hujan yang mengguyur sejak Selasa (31/12/2019).

Banjir Jabodetabek
Foto: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Sejumlah bocah bermain saat banjir yang merendam Jalan Letjen S Parman dan tol dalam kota di Jakarta Barat, Rabu (1/1/2020). Hujan lebat yang mengguyur Jakarta sejak Selasa (31/1/2019) malam menyebabkan sejumlah wilayah itu terendam banjir.

Banjir Jabodetabek
Foto: ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar

Banjir merendam rumah warga di Desa Karangligar, Karawang, Jawa Barat, Rabu (1/1/2020). Banjir yang disebabkan meluapnya air sungai Cibeet karena tingginya intensitas hujan dan minimnya drainase di wilayah itu mengakibatkan ratusan rumah terendam banjir.

Banjir Jabodetabek
Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Salah satu rangkaian KRL Commuterline melintas perlahan pada jalur rel yang terendam banjir di Stasiun KA Sudirman, Menteng, Jakarta, Rabu (1/1/2020). Banjir yang menggenangi sejumlah titik pada jalur rel di Jakarta berdampak pada gangguan pelayanan sejumlah rute KRL Commuterline Jabodetabek.

Banjir Jabodetabek
Foto: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Warga melintasi banjir yang menggenangi Perumahan Pondok Maharta, Pondok Kacang, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (1/1/2020). Banjir yang menggenangi permukiman warga tersebut disebabkan oleh tingginya curah hujan. Warga melintasi banjir yang menggenangi Perumahan Pondok Maharta, Pondok Kacang, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (1/1/2020). Banjir yang menggenangi permukiman warga tersebut disebabkan oleh tingginya curah hujan.

Banjir Jabodetabek
Foto: ANTARA FOTO/Reno Esnir

Warga melintasi banjir yang menggenangi Perumahan kawasan Jalan H. Ipin, Pondok Labu, Jakarta, Rabu (1/1/2020). Tingginya intensitas hujan sejak kemarin hingga pagi ini membuat jalan H.Ipin ke Pondok Labu ter putus.

Banjir Jabodetabek
Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Mobil dan bus Transjakarta terendam banjir di Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan, Rabu (1/1/2020). Hujan deras yang mengguyur DKI Jakarta membuat sejumlah wilayah di Ibu Kota terendam banjir.

Banjir Jabodetabek
Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Kendaraan melintasi banjir di kawasan Jalan S. Parman, Jakarta Barat, Rabu (1/1/2020). Banjir tersebut disebabkan tingginya curah hujan serta buruknya sistem drainase di kawasan tersebut.

Banjir Jabodetabek
Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Warga dengan menggunakan perahu karet seadanya menyelamatkan bayinya dari dalam rumahnya yang terendam banjir di Perumaha Puri Bintaro Indah, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (1/1/2020). Banjir yang menggenang setinggi 1,5 meter di perumahan tersebut akibat hujan deras seharian yang mengguyur kawasan tersebut serta meluapnya kali di sekitar perumahan itu.

Banjir Jabodetabek
Foto: ANTARA FOTO/Arif Firmansyah

Anak-anak berswafoto dengan latar belakang Bendung Katulampa, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/1/2020). Bendung Katulampa menjadi salah satu indikator ancaman banjir di kawasan Jakarta dan sekitarnya.