PENDARATAN PESAWAT PERDANA BANDARA NGLORAM BLORA Show
ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho
Image title
14 Januari 2020, 08:10

Foto: Terbengkalai 34 Tahun, Warga Cepu Segera Punya Bandara

Dengan antusias, warga Cepu menyaksikan pesawat King Air 200GT saat pendaratan perdana di Bandara Ngloram, Blora, Jawa Tengah, Sabtu kemarin. Ini merupakan uji coba landasan pacu sepanjang 1,2 kilometer setelah pemerintah mengaktifkan kembali bandara yang terbengkalai 34 tahun itu.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan telah menyiapkan dana Rp 72 miliar guna pembangunan Bandara Ngloram. “Ngloram itu lebih progresif, untuk tanahnya sudah selesai semua,” ujar dia seperti dikutip Antara.

Anggaran sebesar itu untuk memperpanjang landasan pacu dan membangun terminal Bandara Ngloram. Target pembangunannya diharapkan selesai dan beroperasi secara komersil pada 2021.

(Baca Juga: Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta Kembali Melayani Penumpang)

Dalam sesi tes ini, Dirjen Perhubungan Udara Polana B. Pramesti dan Direktur Bandar Udara Praminto Hadi ditugaskan untuk melakukan penerbangan percobaan. Setelah mendarat, Pramesti menyampaikan bahwa landing dapat dilakukan dengan baik pada runway 1.200 meter tersebut.

Ia berharap, Bandara Ngloram segera beroperasi secara komersil agar menghubungkan masyarakat setempat dengan daerah-daerah di sekitarnya.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami